Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Situ Hiyang Lumbung Ciamis, Destinasi Wisata dengan Keindahan Alam yang Asri

Berita Ciamis, galuh.id – Situ Hiyang Lumbung Ciamis yang terletak di Dusun Babakan Desa Sadewata Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis memiliki pesona alam yang indah nan mempesona.

Letak Situ Hiyang berada di Ciamis sebelah Utara, jarak dari pusat kota Ciamis sekitar 35 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam dengan roda dua.

Namun jika menggunakan mobil akan menyita waktu lama, karena letaknya yang berada di pelosok Desa Sadewata dan akses jalan sempit.

Ditambah dengan kondisi jalan yang belum baik, sehingga menghambat kendaraan yang lewat. Bahkan beberapa titik mengalami kerusakan, perjalanan pun harus ditempuh dengan hati-hati.

Perjalanan menuju Situ Hiyang melewati perkampungan yang masih asri. Pengunjung dari arah Ciamis bisa masuk dari Desa Awiluar kemudian mengikuti jalan desa menuju Desa Sadewata.

Pengunjung akan melewati jalan dengan kontur naik turun, sehingga harus hati-hati saat melewati jalan yang rusak dan menanjak.

Rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan ketika di Situ Hiang, akses jalan pun sampai dengan lokasi sudah cor beton.

Namun untuk untuk parkir roda 4 sangat terbatas karena lahan parkirnya tidak luas. Tetapi jika untuk roda 2 atau motor bisa menampung banyak.

Situ Hiyang Lumbung Ciamis Jadi Favorit Mancing Mania

Menurut Kepala Dusun Babakan, Rudi Sudiana, Situ Hiang memiliki luas 3 hektar dan di dalamnya terdapat banyak ikan yaitu ikan mas dan nila.

Menurut kepala dusun, setiap Minggu ada beberapa pemancing yang sengaja datang ke Situ Hiyang dengan hanya membayar Rp 3 ribu per hari.

“Setiap hari Minggu selain yang ingin menikmati indahnya Situ Hiyang. Terdapat pula yang datang sengaja untuk memancing di sini,” jelas Rudi Sudiana.

Anehnya pada pemancing tidak diperbolehkan membawa pulang ikan mas, jadi jika kail pemancing mendapatkan ikan mas harus dilepas kembali.

“Untuk ikan mas harus dilepas kembali, untuk ikan lain bisa dibawa pulang, ini untuk melestarikan ikan mas agar tumbuh besar,” ucap Rudi.

Namun terdapat mitos lain terkait dengan tidak boleh pemancing membawa pulang ikan mas, hanya saja informasinya perlu dikembangkan kembali.

Masih banyak cerita tentang Situ Hiyang yang menarik untuk digali kembali. Namun selain banyaknya cerita tersebut Situ Hiang layak dijadikan tujuan berwisata.

Destinasi wisata di Ciamis ini sudah dilengkapi dengan sarana umum. Hal itu seperti MCK, Mushola dan ruang pertemuan yang dapat digunakan dengan berbagai kegiatan. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,381FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Kampoeng Sawah Kawali, Destinasi Wisata Baru di Ciamis

Kawali, galuh.id - Kampoeng Sawah Kawali, destinasi wisata yang menyajikan spot foto dan edukasi yang masih baru di Kabupaten Ciamis. Kawasan wisata...

Warga Datangi Dishub Ciamis Terkait Pemberlakuan One Way

Ciamis, galuh.id - Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis melakukan audensi dengan warga yang terdampak diberlakukannya one way sepanjang jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten...

PSGC Ciamis Lolos Babak 16 Besar Liga 3

Stadion Galuh, galuh.id - PSGC Ciamis lolos menuju babak 16 besar Liga 3 setelah mengalahkan As Abadi FC di Stadion Galuh Ciamis Minggu sore...

Pemerasan Pengusaha di Ciamis Libatkan Oknum Wartawan, Tersangka Sempat Diberi Rp. 2,5 Juta

Ciamis, galuh.id - Pemerasan pengusaha di Ciamis melibatkan 3 oknum wartawan dan 3 orang warga. Para tersangka sempat akan dihajar massa sebelum...

Tempat Surfing di Pangandaran Ini Banyak Diburu Peselancar

Selain dikenal karena keindahan sejumlah pantainya, Pangandaran juga dikenal sebagai surganya peselancar. Sejumlah tempat surfing di Pangandaran bahkan banyak didatangi wisatawan dari...