Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Soal Pemain Muda, Legenda Persib Minta PSSI Berkaca pada Vietnam

Berita Persib, galuh.id – Legenda Persib Bandung, Yudi Guntara memberikan komentar terhadap PSSI yang tengah mempersiapkan Timnas Indonesia menghadapi Piala Dunia U-20.

Menjelang event tersebut, PSSI diharapkan mampu membuat Timnas Indonesia tampil maksimal.

Langkah yang diambil salah satunya bisa dengan cara memilah pemain U-20 dari sejumlah klub yang bermain di Liga 1 2020.

Namun, dia menilai untuk jangka panjang, selain memilah pemain muda, seharusnya PSSI juga mengatur sebuah regulasi khusus dalam penggunaan pemain muda.

Sehingga, menurut Yudi, Legenda Persib, tidak hanya memanfaatkan momentum Piala Dunia U-20 saja. Namun juga, agar pemain muda memiliki banyak kesempatan bermain.

“Beri ketentuan atau regulasi di PSSI. Misalnya tanpa pemain asing, atau pemain asing setiap tim hanya 2 saja. Sehingga terdapat ruang kosong bagi para pemain muda,” katanya saat on air di Radio PRFM, Rabu (08/07/2020).

Legenda Persib: Berkaca pada Vietnam

Yudi juga menyarankan PSSI berkaca pada Vietnam yang mampu berjibaku dengan tim Asia lainnya sampai berhasil berada di partai puncak.

Seolah menjadi tim kuda hitam, semangat itu menjadi bahan sorotan para pengamat sepak bola Asia. Mereka memandang keberhasilan Vietnam bukan sekedar keberuntungan semata.

Ada proses panjang yang dibentuk lewat perjuangan. Pada tahun 2017, mereka pernah gagal SEA, itu menjadi catatan koreksi untuk federasi.

Lantaran demikian, satu di antaranya mereka dapat membangun pondasi kuat dalam kerangka timnas.

“Semua klub melaksanakan aturan yang wajib. Sehingga benar-benar menjadikan pemain muda sebagai garda terdepan,” ujar Yudi.

Kemudian, pergantian pelatih sampai fokus kepada pembinaan pemain muda, sebab poin tersebut merupakan masalah krusial. Bisa terlihat pada ajang Piala Asia U23, Vietnam mampu merengkuh gelar runner-up.

Selain itu, Timnas Vietnam juga mencatatkan rekor beruntun saat berlaga di Piala Asia U-23. Mereka menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang dapat menembus babak semi final dan partai final.

Sehingga, Asia Timur dan Timur Tengah tak lagi memandang Asia Tenggara dengan sebelah mata. Hal itu jadi pertanda peta kekuatan sepak bola Asia Tenggara semakin berkembang.

“Nama Vietnam kini disandingkan bersama Thailand. Dan selalu menjadi momok serta representasi kawasan ASEAN, lalu Malaysia akan menyusul,” pungkas Yudi Guntara legenda Persib. (GaluhID/Maulana)

Loading...

Artikel Terkait

Kai Havertz Masih Perlu Beradaptasi Lagi di Premier League

Kai Havertz baru saja menjalani laga debutnya bersama Chelsea saat bertandang ke markas Brighton pada Selasa (15/9) dinihari. Namun sayang, banyak orang...

Real Madrid Lepas Gareth Bale dengan Harga Murah

Berita Olahraga, galuh.id - Real Madrid saat ini telah menurunkan harga Gareth Bale untuk menambah kas keuangan klub tersebut sekaligus menambah ruang...

Penampilan Mengesankan James Rodriguez di Premier League

Berita Olahraga, galuh.id - James Rodriguez berhasil membantu timnya, Everton meraih kemenangan atas Tottenham Hotspur di pertandingan yang berlangsung pada Minggu (13/9)...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...