Kamis, 28 Januari 2021
Kamis, 28 Januari 2021
 
 

Tahapan Pilkada Pangandaran 2020 Resmi Ditunda

Berita Pangandaran, galuh.id – Fenomena merebaknya COVID-19 berdampak luas pada aktivitas kehidupan masyarakat, tidak terkecuali agenda perpolitikan. Salah satunya tahapan Pilkada Pangandaran 2020.

Di Kabupaten Pangandaran, agenda tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 itupun resmi ditunda.

Penundaan tersebut dalam rangka pencegahan terhadap menyebarnya COVID-19. Hal itu tertuang dalam surat resmi yang dikeluarkan oleh KPU dengan No. 23/PL.03-kpt/3218/kab/III/2020 yang menyatakan tahapan Pilkada Pangandaran 2020 resmi ditunda.

Muhtadin, selaku Ketua KPU kabupaten Pangandaran mengatakan, penetapan tersebut berdasarkan pada Surat Edaran KPU RI terkait penundaan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah.

Pemilihan yang dimaksud meliputi pemilihan Gubernur dan wakil, Bupati dan wakil dan atau Walikota serta wakil dalam upaya pencegahan penularan COVID-19.

Penundaan agenda perpolitikan tersebut terhitung sejak hari Minggu (22/3/2020) sampai batas waktu yang belum ditentukan. KPU daerah sendiri menunggu intruksi dari KPU Provinsi juga KPU Pusat.

“Dalam hal ini kami (KPU daerah) menunggu intruksi dari KPU Provinsi dan KPU Pusat,” jelas Muhtadin.

Penetapan penundaan tahapan pemilihan itu meliputi pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta masa kerjanya. Lalu kemudian verifikasi faktual dukungan calon perseorangan serta tahapan yang lainnya.

Tetapi, setelah melakukan koordinasi dengan pelbagai pihak terkait, KPU Pangandaran tetap menggelar acara pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) pada Minggu (22/3/2020).

Pelantikan tersebut tetap dilaksanakan setelah KPU Pangandaran melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah, Bawaslu, serta TNI POLRI.

Upaya itu ditempuh berdasarkan kepada SE KPU RI No. 8 tahun 2020 bahwa bagi KPU Kab/Kota yang telah siap melaksanakan pelantikan tetap dilaksanakan setelah melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Muhtadin menjelaskan bahwa keputusan itu ditetapkan setelah melakukan upaya konsultasi dengan KPU Jawa Barat. Selain itu juga koordinasi yang dilakukan dengan pihak terkait. Sehingga pada Minggu (22/3/2020) lalu, pelantikan PPS tetap dilaksanakan. (GaluhID/Iman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Alun-alun Paamprokan Pangandaran Tingkatkan Imun Warga Jabar

Berita Pangandaran, galuh.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau sekaligus soft opening Alun-alun Paamprokan Pangandaran, yang terletak di Jalan Pamugaran, Minggu (24/1/2021). Alun-alun yang asalnya...

Setelah Wabup, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata Juga Positif Covid-19

Berita Pangandaran, galuh.id - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata positif Covid-19 setelah dua kali menjalani pemeriksaan swab test Minggu (24/1/2021). Melalui sambungan telepon kepada wartawan, Jeje...

Wabup Pangandaran Adang Hadari dan Istrinya Positif Covid-19

Berita Pangandaran, galuh.id - Wakil Bupati (Wabup) Pangandaran Adang Hadari dan istrinya, Renny Widiastuti, terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)...

Temukan Kami

48,094FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya