Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Tahun 2020, PPKH Ciamis Targetkan 10 Persen KPM PKH Mengundurkan Diri

Ciamis, galuh.id – Pada Tahun 2020 Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Ciamis targetkan 10% Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis mengundurkan diri dari kepesertaan PKH atau graduasi mandiri.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Kabupaten Pendamping PKH Kabupaten Ciamis Indra Maulana, S. IP., M. M pada Rapat Koordinasi (Rakor) bulanan Pendamping PKH Wilayah Barat Kabupaten Ciamis, Rabu (11/09/2019), bertempat di Rumah Makan Manjabal 1 Jalan Gunungcupu nomor 175 Gunungcupu, Sindangkasih, Ciamis, Jawa Barat.

“Kami targetkan untuk graduasi mandiri KPM PKH 10% pada tahun 2020, sehingga untuk menuju graduasi mandiri tersebut salah satu caranya dengan mendorong KPM PKH untuk menjadi pelaku usaha,” jelas Koordinator PKH Kabupaten Ciamis Indra Maulana, S. IP., M.M.

Indra menambahkan sebanyak 47 ribu KPM PKH Kabupaten Ciamis pada tahun 2020 ditargetkan sebanyak 4.700 KPM graduasi mandiri. Sehingga perlu adanya upaya untuk mendorong KPM PKH graduasi mandiri.

Sementara itu Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Dan Perdagangan (KUKMP)Kabupaten Ciamis Dra. Ida Widyawati, M. Si. mengaku senang saat diundang pada acara rakor tersebut.

“Saya senang diundang pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) pendamping PKH Wilayah Barat ini, karena saya tidak asing lagi dengan PKH,” ujar Ida yang pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Bantuan Perlindungan Sosial (Balinsos) 2013-2016 pada Dinas Sosial Kabupaten Ciamis.

Ida menyampaikan bahwa KPM PKH bisa menjadi pelaku usaha mikro dengan aset maksimal Rp. 50 juta.

“KPM PKH bisa menjadi pelaku usaha dan mendapatkan bantuan serta pendampingan oleh pendamping UMKM,” jelas Ida.

Sehingga menurut Ida jika terdapat KPM PKH yang sudah memiliki usaha agar segera melengkapi perijinan Ijin Usaha Mikro (IUM) dari Kecamatan yang terlebih dahulu membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) dari desa setempat.

Selanjutnya jika perijinan sudah ditempuh, mengajukan proposal Wirausaha Pemula (WP) yang nantinya akan mendapatkan bantuan modal usaha.

Tetapi sebelumnya menurut Ida, pelaku usaha harus memiliki sertifikat pelatihan yang salah satunya dikeluarkan oleh UMKM Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis. Dan usaha tersebut sudah berjalan selama 2 tahun.

Selain itu KPM PKH guna mendorong usaha bisa mengajukan pendirian Koperasi.

“Silakan kami sangat terbuka dan siap membantu,” ucap Ida.

Bahkan Ida menyampaikan jangan sungkan untuk mengajukan dan berkoordinasi dengan pihaknya.

“Pendamping PKH harus bersinergis dengan pendamping UMKM,” pungkasnya. (galuh.id/YP)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.