Jumat, 27 November 2020
Jumat, 27 November 2020
 
 

Tahun Ajaran Baru 2020/2021, Siswa di Jabar Masih Belajar dari Rumah

Hubungi Kami

Berita Jabar, galuh.id – Siswa atau peserta didik tahun ajaran baru 2020/2021 di Jawa Barat, masih harus tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring di rumah masing-masing.

Hal itu dikarenakan belum adanya kabupaten/kota di Jabar yang masuk kategori Zona Hijau dalam pelevelan pandemi Covid-19.

Sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, hanya sekolah di Zona Hijau saja yang boleh melaksanakan KBM secara tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar Dedi Supandi mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyusun rancangan Pergub Jabar tentang pedoman dan tata cara KBM bagi kabupaten/kota di masa pandemi.

Dimana dalam rancangan itu pun secara khusus, juga mengatur pedoman dan tata cara KBM tingkat SMA/SMK/SLB sebagai kewenangan dari Pemerintah Daerah Provinsi (pemprov) Jabar.

”Siswa di tahun ajaran baru bulan Juli ini masih belum dilakukan KBM pola tatap muka. KBM masih kita lakukan dengan pola daring,” ujar Dedi, dalam keterangannya, Jumat (19/6/2020).

Sementara itu, dari hasil pelevelan kewaspadaan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jabar, daerah paling terkendali di Jabar baru berstatus Zona Biru (Level 2). Atau satu level di bawah Zona Hijau (Level 1).

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Memastikan Belum Ada KBM Dengan Pola Tatap Muka

Dengan demikian, Disdik provinsi Jabar memastikan belum ada KBM di tahun ajaran baru 2020/2021 ini dengan pola tatap muka. Hal ini sampai ada evaluasi selanjutnya dari Gugus Tugas Jabar.

“Ada beberapa daerah yang bisa dikatakan Zona Hijau. Tapi itu juga masih level kecamatan. Secara kabupaten/kota, di Jabar belum ada yang dikatakan statusnya Zona Hijau,” kata Dedi.

Dedi menambahkan, pertimbangan lain Disdik Jabar dengan tetap menggelar KBM secara daring adalah untuk menghindari kesenjangan dalam kualitas pendidikan di Jabar.

Selain itu, Disdik Jabar juga terus melakukan evaluasi sebagai upaya menjaga kualitas pendidikan. Hal itu agar tidak terjadi kesenjangan antara kabupaten/ kota di Zona Hijau dengan zona lainnya.

”Kita terus lakukan evaluasi pola KBM daring ini. Agar kualitas pendidikan di Jabar terjaga, tak terjadi kesenjangan antara kabupaten/kota di zona hijau dengan zona lainnya,” pungkas Dedi. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Hari Guru Nasional, Johan J Anwari Kenang Jasa Pendidik

Berita Jabar, galuh.id - Hari ini, tanggal 25 November 2020 seluruh guru di Indonesia secara serentak memperingati Hari Guru Nasional.

Bansos Jabar Tahap III Tuntas 100 Persen, 1,9 Juta KRTS Terima Bantuan

Berita Jabar, galuh.id - Pendistribusian bansos Jabar tahap III tuntas 100 persen. Dari sebanyak 1.900.688 KRTS atau Keluarga Rumah Tangga Sasaran penerima...

UMK Jabar 2021 Ditetapkan, Ini Daerah Upah Tertinggi Sampai Terendah

Berita Jabar, galuh.id - Pemerintah daerah provinsi Jabar melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di wilayah Jawa Barat...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

9 Pelaku Pencabulan Anak di Tasikmalaya Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Kakek 6 Cucu

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Polisi menangkap 9 orang tersangka pelaku tindak pencabulan anak di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gaji Guru PPPK Setara dengan PNS, Berikut Ketentuannya

Gaji guru PPPK setara dengan PNS sudah menjadi ketentuan. Karena keduanya merupakan sama-sama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Pemerintah...

HP Poco M3 Kapan Rilis di Indonesia? Cek Dulu Harganya

HP Poco M3 sebagai produk penutup akhir tahun yang telah rilis secara global pada Selasa, 24 November 2020 secara online. perilisan melalui...

Diego Maradona Meninggal Dunia, Menimbulkan Kesedihan Mendalam Bagi Semua Orang

Diego Maradona Meninggal Dunia, Legenda sepakbola dari Argentina tersebut dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 November 2020 malam WIB.