oleh

Tak Hanya Bangun Infrastruktur, DPMD Ciamis Minta Desa Lakukan Inovasi

 
 

Ciamis, galuh.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis menilai pemerintah desa masih belum banyak melakukan inovasi. Selama ini, pembangunan di desa terfokus pada peningkatan insfrastruktur.

“Belum ada yang menonjol inovasi desa di Kabupaten Ciamis ini. Karena kita terkendala sumber daya manusia,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa, DPMD Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana kepada Galuh ID setelah melaksanakan rapat koordinasi di Kantornya, Jumat (1/11/2019).

Menurutnya, jumlah desa yang mampu berinovasi dalam teknologi tepat guna maupun pemberdayaan masyarakat masih sedikit. Meski begitu, lanjutnya, pemerintah desa di Kabupaten Ciamis terus berupaya dan belajar mengembangkan diri supaya laju perkembangan desa semakin pesat.

“Sampai saat ini hanya beberapa desa yang mampu melakukan terobosan untuk mempermudah desa dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah Desa Karangkamulyan, dengan pelayanan administrasi kependudukan online,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, beberapa kali pemerintah desa di Kabupaten Ciamis mengikuti lomba terkait dengan inovasi teknologi tepat guna. Tetapi, lanjutnya, belum pernah sekalipun mendapat juara di perlombaan tersebut lantaran tidak adanya inovasi yang dapat menjadi brand di desa tersebut.

“Banyak yang sudah dilakukan pemerintah desa, tapi kita memang belum menonjol, di setiap perlombaan pun belum ada yang juara. Karena belum ada yang mampu berinovasi hingga inovasi tersebut menjadi sebuah brand desa itu,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya peningkatan jumlah dana desa setiap tahunnya progres inovasi pemerintahan desa berkembang pesat. Sehingga ke depan desa di Kabupaten Ciamis mampu menjadi inspirasi desa di kabupaten/kota lain.

“Dengan anggaran yang cukup ini ya, kita dorong desa supaya lebih kreatif lagi inovasinya. Saat ini masih bisa dikatakan (perkembangan pembangunan desa) majunya itu konstan, hanya beberapa desa yang mampu melaju cepat dengan banyak memunculkan inovasi,” ucapnya. (GaluhID/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA