Senin, 25 Januari 2021
Senin, 25 Januari 2021
 
 

Tak Lagi Berkumis, Presiden Jokowi Ingatkan Menpora Baru Perihal Sepakbola

Berita Olahraga, galuh.id – Ada yang menarik saat Presiden Jokowi bersama Wapres Kyai Maruf Amin mengumumkan daftar kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Dalam pengumuman Kabinet Kerja tersebut, muncul nama Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Usai menyebut nama Zainudin Amali sebagai Kemenpora baru, Jokowi memberi pesan singkat soal sepak bola di Indonesia.

“Zainudin Amali, sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Sepak bolanya, Pak,” kata Jokowi menegaskan, ketika mengenalkan sejumlah menteri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi.

Pesan yang harus digaris bawahi karena menjadi penekanan khusus dalam sebuah acara penting. Mungkin banyak yang kaget ketika muncul nama Zainudin Amali sebagai Menpora dan menjadi tanda tanya besar untuk publik sepakbola Indonesia.

Maklum, namanya nyaris tak pernah terdengar di dunia olahraga. Pasalnya Zainudin bukan orang yang biasa bergelut di dunia olahraga dan selama ini terjun di dunia perpolitikan serta menjalani profesinya sebagai pengusaha. Lantas siapa Zainudin?

Zainudin merupakan Ketua DPP Partai Golkar 2014-2019. Ia anggota DPR RI selama empat periode dan menempati berbagai komisi. Untuk periode 2014-2019 berada di Komisi II yang mengurus Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertanahan dan Reforma Agraria.

Selain politikus, pria yang dilahirkan di Gorontalo, 16 September 1962 lalu itu dikenal juga sebagai pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, Zainudin tercatat pernah memimpin sejumlah perusahaan, diantaranya PT Putra Mas dan PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, serta beberapa perusahaan lainnya.

Jejak karir praktis tidak memiliki latar belakang kental dengan olahraga. Namun, Zainudin tidak terlalu mempersoalkan latar belakangnya yang tidak banyak mengurusi olahraga.

“Pengalaman di olahraga ada saja, dulu pernah membentuk liga mahasiswa,” ujar Zainudin kepada wartawan usai diundang menghadap Presiden Jokowi, Selasa (22/10).

Dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2019), Zainudin Amali mengaku sudah berdiskusi dengan Presiden Jokowi perihal pengembangan SDM dan peningkatan prestasi di bidang olaharaga.

Meski begitu, terpilihnya Zainudin Amali sebagai Menpora baru untuk periode 2019-2024 ini, ada tradisi menarik yang juga harus berakhir. Apa itu?

Selama 15 tahun terakhir sejak dijabat oleh Adhyaksa Dault, Andi Mallarangeng, Roy Suryo dan Imam Nahrawi. Sosok Menpora identik dengan pria berkumis lebat, Zainudin Amali memutus tradisi itu. (Galuh.id/Dhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Doni Monardo Positif Covid-19, Berikut Kronologinya

Doni Monardo positif Covid-19 setelah ia melakukan tes swab PCR pada Jumat, 22 Januari 2021. Hal ini ia sampaikan melalui keterangan pers tadi pagi. Meski...

Profil Syekh Ali Jaber, Ulama yang Dikenal Lemah Lembut

Profil Syekh Ali Jaber, perjalanan sang ulama sekaligus pendakwah dari Madinah berakhir dengan tangis seluruh masyarakat Indonesia. Kabar meninggal dunia sang ulama disampaikan langsung oleh...

Listrik Gratis PLN Januari 2021, Berikut Cara Klaimnya

Cara klaim listrik gratis PLN Januari 2021 masihlah sama seperti bulan-bulan sebelumnya, pelanggan bisa menggunakan layanan WhatsApp, situs PLN atau mengunduh aplikasi PLN Mobile. Bantuan...

Temukan Kami

48,104FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya