Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Tak Lagi Berkumis, Presiden Jokowi Ingatkan Menpora Baru Perihal Sepakbola

Berita Olahraga, galuh.id – Ada yang menarik saat Presiden Jokowi bersama Wapres Kyai Maruf Amin mengumumkan daftar kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Dalam pengumuman Kabinet Kerja tersebut, muncul nama Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Usai menyebut nama Zainudin Amali sebagai Kemenpora baru, Jokowi memberi pesan singkat soal sepak bola di Indonesia.

“Zainudin Amali, sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Sepak bolanya, Pak,” kata Jokowi menegaskan, ketika mengenalkan sejumlah menteri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi.

Pesan yang harus digaris bawahi karena menjadi penekanan khusus dalam sebuah acara penting. Mungkin banyak yang kaget ketika muncul nama Zainudin Amali sebagai Menpora dan menjadi tanda tanya besar untuk publik sepakbola Indonesia.

Maklum, namanya nyaris tak pernah terdengar di dunia olahraga. Pasalnya Zainudin bukan orang yang biasa bergelut di dunia olahraga dan selama ini terjun di dunia perpolitikan serta menjalani profesinya sebagai pengusaha. Lantas siapa Zainudin?

Zainudin merupakan Ketua DPP Partai Golkar 2014-2019. Ia anggota DPR RI selama empat periode dan menempati berbagai komisi. Untuk periode 2014-2019 berada di Komisi II yang mengurus Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertanahan dan Reforma Agraria.

Selain politikus, pria yang dilahirkan di Gorontalo, 16 September 1962 lalu itu dikenal juga sebagai pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, Zainudin tercatat pernah memimpin sejumlah perusahaan, diantaranya PT Putra Mas dan PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, serta beberapa perusahaan lainnya.

Jejak karir praktis tidak memiliki latar belakang kental dengan olahraga. Namun, Zainudin tidak terlalu mempersoalkan latar belakangnya yang tidak banyak mengurusi olahraga.

“Pengalaman di olahraga ada saja, dulu pernah membentuk liga mahasiswa,” ujar Zainudin kepada wartawan usai diundang menghadap Presiden Jokowi, Selasa (22/10).

Dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2019), Zainudin Amali mengaku sudah berdiskusi dengan Presiden Jokowi perihal pengembangan SDM dan peningkatan prestasi di bidang olaharaga.

Meski begitu, terpilihnya Zainudin Amali sebagai Menpora baru untuk periode 2019-2024 ini, ada tradisi menarik yang juga harus berakhir. Apa itu?

Selama 15 tahun terakhir sejak dijabat oleh Adhyaksa Dault, Andi Mallarangeng, Roy Suryo dan Imam Nahrawi. Sosok Menpora identik dengan pria berkumis lebat, Zainudin Amali memutus tradisi itu. (Galuh.id/Dhi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.