oleh

Tanggul Sungai Citanduy Jebol, Ratusan Rumah Warga di Ciamis Terendam Air

Hubungi
 
 

Tanggul Sungai Citanduy Jebol, Ratusan Rumah Warga di Ciamis Terendam Air

Berita Ciamis, galuh.id – Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Ciamis menyebabkan Tanggul Sungai Citanduy di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, jebol.

Loading...

Tanggul Sungai Citanduy sepanjang 50 meter jebol pada Minggu dini hari (23/2/2020) sekitar pukul 02.00 WIB. Akibatnya, ratusan rumah warga terendam air.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis, Mochamad Soekiman membenarkan jebolnya tanggul Sungai Citanduy jebol di Kecamatan Panumbangan ini.

“Tidak kuat menahan debit air sehingga menyebabkan tanggul sungai Citanduy jebol,” kata Soekiman.

Dilaporkan sebanyak tiga dusun di Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis terendam luapan air sungai.

Tiga dusun yang teredam air tersebut yakni wilayah Dusun Sukapulang, Dusun Panoongan, dan Dusun Cikopeng.

“Ratusan rumah warga di tiga dusun Kecamatan Rancah terendam air luapan sungai,” jelasnya.

Pada Minggu pagi, dilaporkan airnya sudah surut. Namun, pihaknya mengimbau kepada warga untuk segera melakukan antisipasi agar tidak berdampak lebih parah.

“Kami mengimbau warga untuk melakukan gerakkan tutup tanggul dengan karung supaya air tidak masuk lagi ke pemukiman warga,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Dusun Cikopeng, Dani (40) mengatakan jika wilayah dusunnya ini juga kerap dilanda banjir akibat meluapnya air dari Sungai Cintanduy.

“Sebelum tanggul jebol, Dusun Cikopeng sering dilanda banjir karena luapan air Sungai Cintanduy,” terangnya.

Namun kali ini, kata Dani, kondisinya menjadi lebih parah karena tangggul sepanjang 50 meter ini jebol merendam ratusan rumah warga di Ciamis yang merupakan wilayah pemukimannya.

Dirinya berharap pemerintah dapat segera memperbaiki tanggul yang jebol tersebut, sehingga ketika hujan tiba, airnya tidak lagi meluap ke pemukiman warga.

“Saya harap ada perhatian dari pemerintah supaya ke depannya tidak lagi ada kejadian seperti ini,” ujar Dani. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA