oleh

Tempat Wisata di Kawali Ciamis, Dari Napak Tilas Sejarah Sampai Kampung Selfie

 
 

Kawali, galuh.id – Wisata Ciamis tidak hanya terpusat di daerah perkotaan, namun jika Anda berjalan-jalan ke Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Anda akan menemukan setidaknya 4 tempat wisata di Kawali Ciamis.

Kawali sendiri dikenal sebagai salah satu ibu kota Kerajaan Galuh, kerajaan yang berdiri pada abad VII. Selain itu, ada juga taman yang biasa dijadikan tempat singgah para pemudik.

Sementara untuk wisata air, Kawali memiliki Situ Wangi yang masuk ke dalam tempat wisata di Ciamis pilihan Kementerian Pariwisata tahun 2019.

Jika Anda hobi selfie, tempat wisata di Kawali Ciamis yang wajib Anda kunjungi adalah Kampoeng Sawah Talagasari. Hamparan bunga di Kampoeng Sawah ini bisa jadi latar bagus untuk foto yang akan Anda unggah di media sosial.

Untuk lebih jelasnya, berikut 4 tempat wisata di Kawali Ciamis yang bisa Anda sambangi ketika libur tiba:

Situs Astana Gede Kawali Ciamis

Situs Astana Gede Kawali berada di Dusun Indrayasa, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Dari Kota Ciamis letaknya sekitar 21 Km ke arah Utara.

Situs Astana Gede Kawali, Ciamis. Foto: Ist

Astana Gede menyimpan berbagai peninggalan arkeologis, uniknya situs peninggalan tersebut berasal dari tiga budaya berbeda, yakni budaya local, budaya Hindu dan Islam.

Jika Anda mengunjungi Astana Gede Kawali, Anda akan menemukan 6 buah prasasti, 3 buah batu menhir, dan 11 makam.

Dinamakan Astana Gede lantaran keberadaan makam yang berukuran besar, dan sangat panjang yang berbeda dengan makam lainnya. Tetapi ada juga yang berpendapat dinamai Astana Gede lantaran dijadikan makan orang-orang besar atau para gegeden jika dalam bahasa Sunda.

Di Astana Gede terdapat air Cikawali yang dipercaya peziarah bisa membuat awet muda, air Cikawali konon merupakan tempat Putri Dyah Pitaloka mandi. Sehingga dengan mandi di Cikawali beberapa peziarah percaya bisa membuat cantik dan awet muda seperti halnya putri Dyah Pitaloka.

Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali sebenarnya merupakan kawasan RTH (Ruang Terbuka Hijau), karena itu pepohonan ditanam di Taman ini, walaupun belum begitu rindang.

Taman Surawisesa Kawali. Foto: Ist

Surawisesa diambil dari nama istana kerajaan Sunda pada masa pemerintahan Rahyang Niskala Wastu Kancana yang berpusat di Astana Gede, Kawali.

Setiap sore Taman Surawisesa Kawali banyak dikunjungi warga. Umumnya mereka menikmati sore hari dengan bercengkerama dengan teman. Sejumlah remaja bahkan anak-anak terlihat bermain di Taman Surawisesa.

Jika musim mudik tiba, taman ini selalu jadi tempat singgah dan tempat istirahat para pemudik. Wajar saja, lantaran di sekeliling taman ada banyak penjual menjajakan makanan. Jika Anda nongkrong di Taman Surawisesa Kawali, jangan lupa jaga kebersihannya ya.

Situ Wangi Kawali

Situ Wangi merupakan danau yang berada di Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Ciamis.

Situ Wangi Kawali. Foto: Ist

Situ Wangi kini dikembangkan menjadi destinasi wisata. Sebelumnya, Situ Wangi jadi tempat berlatih para atlet kayak. Dari danau ini banyak terlahir atlet-atlet kayak Ciamis.

Berbagai cerita berkembang terkait nama Situ Wangi, konon ada cerita Raja Galuh pertama, yang dikenal dengan sebutan Prabu Wangi pergi berhaji, sepulangnya dari mekkah ia membawa air zam-zam yang dituangkan ke dalam situ. Namanya pun menjadi Situ Wangi.

Namun ada juga cerita tentang penari ronggeng yang kerap berkeluh kesah di Situ tersebut, nama penari itu adalah Nyi Mas Sri Wangi, sehingga situ tersebut dinamakan Situ Wangi.

Suasana alamnya masih asri, sehingga bagi Anda yang ingin ‘ngadem’, Situ Wangi bisa jadi pilihan Anda untuk berlibur.

Kampoeng Sawah Talagasari Kawali

Kampoeng Sawah Talagsari Kawali, merupakan destinasi wisata yang menyajikan spot foto dan edukasi. Objek wisata Kampoeng Sawah ini terbilang masih baru di Kabupaten Ciamis.

Kampoeng Sawah Kawali. Foto: Dok Galuh ID

Kawasan wisata ini dikelola oleh Bumdes Wibawamukti. Lokasinya ada di Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, atau sekitar 4 kilometer dari Alun-alun Kawali.

Baca Juga: Kampoeng Sawah Kawali, Destinasi Wisata Baru di Ciamis

Di Kampoeng Sawah, Anda bisa belajar bercocok tanam. Selain itu, ada juga tempat kuliner jika Anda ingin bersantap siang dengan suasana pesawahan yang indah dan sejuk.

Pemandangan sawah serta bunga warna-warni menjadi penambah keindahan Wisata Kampoeng Sawah. Anda bisa menikmatinya di Saung Bambu yang disediakan pengelola.

Itulah 4 tempat wisata di Kawali Ciamis. Favorit Anda yang mana nih? Atau ada yang belum disebut? Bisa share di kolom komentar ya. (GaluhID/Ndu)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA