Kamis, 2 Desember 2021
Kamis, 2 Desember 2021
More

    AirAsia: Maskapai Paling Sering Digunakan untuk Penerbangan Internasional

    Siapa yang tidak kenal Maskapai penerbangan AirAsia? Terutama, bagi kamu pebisnis yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura untuk urusan bisnis atau pekerjaan.

    Maskapai AirAsia kerap menjadi pilihan, karena AirAsia terkenal dengan harganya yang murah dengan fasilitas pesawat premium.

    AirAsia merupakan salah satu maskapai penerbangan berpusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain itu, AirAsia menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah terbesar di Asia Tenggara.

    Baca Juga: Teras Kaca Pantai Karapyak, Sensasi Baru Wisata Pangandaran

    AirAsia berhasil memperoleh penghargaan dari SkyTrax sebagai Maskapai Penerbangan Tarif rendah terbaik di Asia berturut-turut sejak tahun 2009.

    Hal ini tentunya merupakan prestasi yang luar biasa, karena AirAsia memberikan layanan tarif rendah dengan servis premium. Serta melayani penerbangan lebih dari 120 destinasi dan 60 rute di kawasan ASEAN.

    Lalu, apa saja strategi yang digunakan AirAsia sebagai maskapai paling sering digunakan untuk penerbangan internasional?

    Pertama, AirAsia memiliki target pasar dan pelanggan fanatik, sehingga dapat menjamin keberlangsungan bisnis penerbangan. Harga murah dengan fasilitas premium adalah strategi market dengan perhitungan dan analisa yang ketat. Hal ini terbukti dari beberapa kelas harga yang ditawarkan meski dalam satu kondisi kelas.

    Misalnya kelas ekonomi, maskapai penerbangan lain menawarkan satu harga untuk kelas ekonomi. Tetapi AirAsia bisa menawarkan beberapa harga untuk kelas ekonomi dengan perbedaan beberapa fasilitas layanan dan kenyamanan posisi tempatnya.

    Kelas Premium Flatbed

    Penawaran kelas yang paling nyaman adalah kelas premium flatbed. AirAsia memberikan kenyamanan lebih selama di perjalanan jarak jauh dengan kursi yang bisa diatur menjadi sebuah ranjang datar jika diinginkan.

    Kursi Premium flatbed ini dilengkapi dengan layar pribadi, penyangga kepala dan kaki yang dapat diatur sesuai kebutuhan, bantal, selimut, lampu baca, dan stop kontak universal.

    Kelas Premium flatbed juga dilengkapi dengan fasilitas makan premium secara gratis dan lezat selama penerbangan. Pilihan menu yang ditawarkan pun dapat menggugah selera, seperti nasi lemak Malaysia, Thai green curry with rice, nasi dagang with chicken curry, Bukhara chicken biryani, vegetable pasta with roast chicken, dan masih banyak lagi.

    Kelas Ekonomi

    Kedua, penawaran kelas ekonomi dengan fasilitas berbeda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, AirAsia memiliki beberapa variatif pilihan kelas ekonomi. Kelas pertama yaitu kelas Ekonomi standar yang hampir ada diseluruh jenis penerbangan AirAsia. Tempat duduk pada kelas ekonomi standar terbilang cukup lega dan nyaman.

    Pada kelas ekonomi standar, penumpang tidak diberikan fasilitas makanan gratis. Namun jika penumpang ingin makan, dapat memesan atau membeli makanan yang ditawarkan oleh pramugari atau memesan secara online terlebih dahulu pada situs resmi AirAsia.

    Menu makanan yang ditawarkan pun beragam, terutama makanan tradisional dari berbagai negara. Seperti nasi lemak pak Nasser yang terkenal kelezatannya di Malaysia.

    Kelas Hot Seat

    Kelas kedua yaitu hot seat, merupakan kelas ekonomi yang kursinya terletak di baris 1-5, beserta dekat pintu-pintu darurat yaitu baris 12 dan 14.

    Penumpang kelas hot seat ini dapat kesempatan untuk bisa naik pesawat terlebih dahulu dan memperoleh ruang kaki yang lebih lega dibanding posisi kursi kelas ekonomi standar. Tetapi, kelas hot seat tidak memperoleh fasilitas makanan seperti kelas standar.

    Jika penumpang kelas hot seat ingin makan, penumpang dapat membeli berbagai jenis makanan lewat pramugari atau dapat memesan terlebih dahulu secara online melalui situs resmi AirAsia.

    Quiet Zone

    Kelas ekonomi berikutnya adalah Quiet Zone atau Zona tenang. Area ini diperuntukkan bagi penumpang yang ingin menikmati perjalannya dengan suasana tenang dan sunyi, sehingga anak-anak tidak diperkenankan untuk membeli seat di zona ini.

    Penumpang kelas Quiet Zone juga tidak memperoleh makanan gratis, tetapi dapat memesan dan membeli berbagai macam makanan di pesawat melalui pramugari.

    Perbedaan layanan makanan ini pula yang membuat AirAsia dapat memberikan penawaran harga murah dan fantastis.

    Buat kamu yang ingin terbang jarak pendek, seperti ke Malaysia dan Singapura, pembelian tiket dengan harga termurah dapat menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Karena tentu saja bisa menghemat buget.

    Ketiga, terdapat sebuah aturan check in di AirAsia yang berbeda dengan maskapai lain. Maskapai AirAsia memberlakukan waktu check in 3 jam sebelum keberangkatan untuk rute penerbangan internasional. 

    Sedangkan untuk penerbangan domestik tetap berlaku aturan standar check in yaitu 2 jam sebelum penerbangan. Ini berarti maksimalnya 1 jam sebelum penerbangan.

    Buat kamu yang sudah merencanakan perjalanan ke luar negeri, baik untuk bisnis atau liburan, maka sebaiknya kamu cek dulu ya semua persyaratan dokumen yang harus ada. Baik itu paspor, visa, serta dokumen kesehatan, dan kelengkapan lain untuk seluruh keluargamu yang ikut dalam penerbangan.

    Sekarang, kamu dapat cek harga AirAsia di Traveloka Lifestyle SuperApp untuk mendapatkan harga terbaik.

    Setelah sampai ke negara tujuan dan kamu belum mempersiapkan kendaraan untuk mengantar kamu ke tempat penginapan, kamu dapat pesan kereta bandara dengan harga yang relatif murah dan tentunya menguntungkan.

    So, jangan khawatir tentang transportasi di negara yang dituju. Karena semua dapat kamu pesan dan temukan di Traveloka Lifestyle SuperApp. (GaluhID)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    302PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan