oleh

Timnas U-22: Dari Tak Sengaja Makan Babi Sampai Jalan Kaki di SEA Games 2019

 
 

Berita Olahraga, galuh.id – Ketidaksiapan pelaksanaan SEA Games 2019 di Filipina yang penuh dengan kekacauan, kembali muncul. Kali ini menimpa Timnas Indonesia U-22 dikabarkan tak sengaja makan daging babi, karena kurangnya koordinasi.

Direktur Media PSSI, Gatot Widakdo, merasa kecewa dengan penyelenggara SEA Games ke-30. Penyelenggara tak menandai makanan halal dan non-halal dalam makanan yang disajikan. Akibatnya skuat Timnas U-22 tidak sengaja makan daging babi.

Menurut laporan media Filipina, GMA News, Gatot Widardo mengatakan, bagi pemain Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam, menyantap daging babi merupakan suatu hal yang haram dan melanggar aturan agama.

“Sampai sekarang, mereka (panitia) belum membaik. Jadi kami berharap di hari-hari ke depan mereka dapat memperbaiki hal ini dan memisahkan makanan halal dan makanan non-halal,” kata Widardo.

Padahal sebelumnya Komite Muslim Filipina menyarankan panitia, untuk memberi perhatian pada anggota kontingen yang beragama Islam, serta diminta menyediakan papan penunjuk kiblat, serta menyajikan makanan halal.
Namun, hal itu tidak diindahkan.

Sebelumnya, hal serupa menimpa kontingen dari Singapura pada Senin (24/11/2019), mereka disuguhi makanan berupa nasi dengan lauk telur.

Bukan kali ini saja, ketidaksiapan Panpel SEA Games 2019 (PHISGOC) menimbulkan kekacauan bagi Timnas Indonesia U-22.

Sebelumnya, Egy Maulana Vikri dkk memutuskan untuk berjalan kaki ke stadion Rizal Memorial yang berjarak 1,1 km dari hotel, untuk mengelar latihan resmi jelang kontra Thailand, Selasa (26/11) lalu.

Pelatih kiper Hendro Kartiko mengaku tak ingin mengambil pusing atas pelayanan tak memuaskan dari panitia yang membuatnya tidak mendapatkan fasilitas penjemputan jelang berlatih.

Meskipun begitu, permasalahan dalam penyelenggaraan SEA Games 2019 ternyata meliputi banyak aspek. Dari venue pertandingan yang belum rampung 100 persen, seperti di Stadion Rizal Memorial, ruang jumpa pers yang sederhana, hingga logistik makanan yang mengalami kendala.

Hal ini jelas memprihatinkan dan puncaknya Filipina jadi bulan-bulanan di media sosial. Malahan hastag #SEAGamesFail, sempat menempati urutan teratas trending topic di Twitter hingga Selasa (26/11) pagi. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA