Selasa, 26 Januari 2021
Selasa, 26 Januari 2021
 
 

Usai Raih Emas di Popnas, Tiga Karateka Jabar Bermimpi Tembus Level Dunia

Berita Jawa Barat,galuh.id – Tiga atlet karate Jawa Barat (Jabar), Yudha Fadillah Pratama, Syahrun Nizar Maulana Muttaqin, dan Gilang Waluyo, mengaku sangat bersyukur karena dapat menyumbangkan medali emas untuk Jabar di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).

Medali emas yang direngkuh ketiga siswa kelas 3 SMA di POPNAS 2019 itu menjadi pijakan bagi mereka untuk memiliki target yang lebih tinggi, terutama dengan fakta bahwa musim depan ketiganya tak lagi akan tampil di event bergengsi antar pelajar se-Indonesia tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mereka bermimpi merengkuh hasil yang sama di level dunia. Itulah yang menjadi mimpi tiga karateka binaan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Barat (Jabar) ini yang baru saja mendapat emas di nomor kata beregu putra pada POPNAS XV/2019.

Pasalnya penampilan Yudha, Nizar, dan Gilang pada ajang tersebut, selain dapat aplause dari tim juri juga dipuji oleh Penanggung Jawab Karate Kontingen Tim Jabar Yedih Lesmana. “Teknik sempurna, aplikasi Bunkai juga realistis,” kata Yedih.

Mimpi mereka untuk bisa menembus panggung dunia pun terucap dari ketiganya usai dinobatkan sebagai yang terbaik pada penampilan terakhir yang mereka lakoni sebagai pelajar.

“Di level senior, saya ingin masuk piala dunia (World Karate Championships). Persiapannya, harus latihan lebih keras dan lebih semangat,” ucap Nizar.

Sama seperti Nizar, Gilang pun sangat berharap bisa menembus level dunia. Pasalnya, karateka kelahiran 26 Mei 2001 itu merasa karate adalah olahraga dengan jenjang atau tingkatan yang jelas.

“Ada hierarki dengan tetap saling menghargai. Saya sih berharap di senior bisa main lebih ‘gila’ lagi dari sekarang. Semoga bisa jadi ikon nasional bagi Majalengka,” ucap Gilang yang pernah mewakili Majalengka di 02SN Tingkat Sekolah Dasar se-Jabar di tahun keduanya menggeluti karate.

Adapun emas Yudha bersama Nizar dan Gilang di nomor kata beregu putra merupakan emas kedua baginya di POPNAS XV/2019.

Di hari pertama cabang olahraga (cabor) karate pada Minggu (17/11), Yudha menyumbang emas pertama sekaligus medali pertama bagi Jabar dari nomor kata perorangan putra usai mengalahkan atlet asal Jawa Tengah.

Setelah POPNAS, target terdekat Yudha adalah mengikuti Youth Olympic Games. Di level senior, atlet kelahiran Depok 3 November 2002 ini berharap bisa mengamankan tempat di pemusatan latihan nasional (pelatnas) FORKI.

“Dengan ikut karate, saya bisa berkarya lewat olahraga. Menurut saya karate itu uniknya banyak, ada jiu-jitsu, ada teknik pernapasan,” kata Yudha.

“Dan di Indonesia, kita mengenal ada lima pedoman sumpah karate. Itu berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, jadi meningkatkan kejujuran dan sopan santun,” tambah Yudha yang berlatih karate sejak kelas 2 SD ini.

Sama seperti rekan-rekannya di kata beregu putra, Yudha berharap bisa membanggakan Jabar di level nasional, Asia, hingga dunia.

“Saya pribadi juga merasa lebih seru (tampil) beregu karena harus menjaga kekompakan,” ujarnya. (GaluhID/Dhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Tren Pakai Masker dan Jaga Jarak di Jabar Meningkat, Berikut Datanya

Berita Jabar, galuh.id - Setelah penerapan PPKM dari tanggal 11 Januari 2021, tingkat kesadaran warga Jabar dalam menggunakan masker dan menjaga jarak kian meningkat. Penilaian...

Lewat Film, Jabar Sosialisasikan Prokes Saat Berwisata

Berita Jabar, galuh.id - Pemprov Jabar bersama Aria Production lewat film akan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes) saat berwisata. Tujuannya adalah supaya penanganan Covid-19 dan...

Disiplin Prokes Jabar Meningkat Karena PPKM

Berita Jabar, galuh.id - Disiplin Prokes Jabar meningkat, setelah Jawa Barat (Jabar) menerapkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Senin (11/1/2021). PPKM tersebut akan berlangsung...

Temukan Kami

48,103FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya