Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Vasco Ruseimy ‘Macan Idealis’ Mendulang Dolar di Atas Kemarahan Warga Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Ketika masyarakat Ciamis digegerkan oleh pernyataan Ridwan Saidi, sedikit yang mengingat peran Vasco Ruseimy, pemilik kanal Macan Idealis yang mengunggah video wawancara budayawan gaek asal Betawi itu.

Pernyataan ‘di Ciamis tidak ada kerajaan, prasasti palsu buatan Belanda, atau Galuh artinya brutal’, membuat masyarakat Ciamis murka. Pernyataan itu dikemukakan Ridwan Saidi di kanal YouTube Macan Idealis.

Sontak kanal Macan Idealis dibanjiri penonton, video yang diunggah Vasco telah ditonton sebanyak 22.000 kali. Selain itu video itu juga telah di-like 635 kali dan di-dislike 335 kali.

Subscriber Macan Idealis sendiri ada 565.000 akun. Sementara rata-rata viewnya mencapai 74.227 juta.

Maka tak heran jika video ‘Galuh Brutal’ banyak dihiasi iklan. Sudah bukan rahasia umum YouTuber banyak yang mendulang dolar dari adsense Google lewat konten-konten video mereka. Lalu berapa pendapatan Vasco dari iklan di kanal YouTube Macan Idealis?

Situs id.noxinfluencer.com menaksir penghasilan Macan Idealis mulai dari Rp 57,89 juta sampai Rp 202,67 juta. Itu hitungan per bulan. Dipastikan angka ini bisa bertambah dengan melonjaknya penonton video-video Vasco Ruseimy.

Bahkan Vasco seolah memanfaatkan momen hebohnya ‘Galuh Brutal’ dengan mengganti judul videonya. Dari judul awal ‘Gegeer!! Babe Ridwan Saidi Gak Terima, Banyak Sejarah Yang Dimanipulasi Di Kurikulum’, berubah jadi ‘Gegeer!! Ridwan Saidi : Di Ciamis Ga ada Kerajaan Galuh, Galuh artinya brutal’.

Vasco Ruseimy Minta Maaf

Belakangan Vasco Ruseimy meminta maaf kepada warga Ciamis. Melalui akun Instagramnya, dia mengunggah video berdurasi 4:45 menit dan melayangkan permintaan maaf untuk warga Ciamis.

Vasco menyebut dia tidak bermaksud membuat gaduh apalagi melecehkan masyarakat Ciamis. Dia ingin merekonstruksi sejarah Indonesia termasuk Ciamis.

“Gua di situ punya kepentingan merekonstruksi bagaimana pandangan dari para sejarawan, khususnya sejawaran yang cukup senior seperti Babe Saidi,” kata Vasco dalam video tersebut.

Dia pun mengaku mengagumi Ridwan Sadi yang disebutnya sebagai sejarawan senior yang punya pemikiran luar biasa.

Vasco yang menyebut Ridwan Saidi dengan panggilan Babe itu, mengatakan Babe Saidi punya pandangan berbeda tentang sejarah Indonesia. Tidak seperti sejarah yang telah dia ketahui di sekolah selama ini.

“Makanya gua sering menggali sejarah itu dari Babe, tapi pada intinya adalah tidak ada niat melecehkan warga Ciamis maupun warga lainnya. Karena menurut gua sejarah itu punya berbagai pandangan dan punya berbagai sudut pandang dari berbagai sisi,” ucap Vasco.

Dalam videonya, Vasco Ruseimy juga kembali menjelaskan maksud dari perkataan Ridwan Saidi. Seolah mengamini, Vasco pun menyebut Babe Saidi mengartikan Galuh brutal setelah melihat artinya dalam kamus kuno Armenia.

Di akhir video, Vasco Ruseimy mengungkapkan kembali permintaan maafnya kepada masyarakat Ciamis, dan menegaskan dirinya tidak bermaksud membuat gaduh Ciamis.

“Oke sekali lagi permintaan maaf gua kepada warga Ciamis, apabila ini membuat gaduh warga Ciamis, karena itu bukan maksud gua, sekali lagi gua minta maaf,” pungkasnya. (GaluhID/Ndu)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.