Jumat, 21 Januari 2022
Jumat, 21 Januari 2022
More

    Wabup Ciamis Ingin Seni Pencak silat Jadi Ekskul di Sekolah

    Berita Ciamis, galuh.id – Wabup Ciamis Yana D Putra membuka pagelaran seni pencak silat di GOR PGRI Desa Cidolog, Kecamatan Cidolog, Minggu (5/12/2021) kemarin.

    Penyelenggara pagelaran tersebut yakni perguruan pencak silat Karya Muda Kencana. Kegiatan itu menampilkan seni silat dari berbagai desa se-Kecamatan Cidolog.

    Yana yang juga Ketua IPSI Ciamis menyampaikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya acara pagelaran seni silat di Desa Cidolog.

    Ia menjelaskan, organisasi pendidikan, keilmuan, dan UNESCO telah memasukkan tradisi Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) asli Indonesia.

    Pada 12 Desember 2019 lalu, UNESCO resmi menetapkan Pencak Silat sebagai WBTB Indonesia.

    Menurut Yana, tidak cukup rasa syukur dan bangga saja. Tapi juga harus dibarengi dengan menjaga, memelihara dan melestarikan seni budaya tersebut.

    “Kita hari mengenal dan belajar budaya seni pencak silat. Tapi berapa puluh tahun ke depan, entah masih ada atau tidak,” ucapnya.

    Oleh karenanya, Yana berharap ke depanya Pencak Silat dapat menjadi pelajaran ekstra kulikuler di setiap jenjang sekolah, baik SD, SMP maupun SMA.

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    319PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan