Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Minta Kepala Desa Berinovasi

Berita Jabar, galuh.id – Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, para kepala desa harus terus melakukan inovasi agar potensi desa dapat berkembang.

Dengan dikembangkannya potensi desa, maka kesejahteraan masyarakat desa pun meningkat.

Karena salah satu dari tugas utama kepala desa atau Kades adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Kades di Jabar harus terus berinovasi. Supaya potensi desa berkembang. Kesejahteraan masyarakat desa pun jadi meningkat,” ujar Kang Uu, di Tasikmalaya, Sabtu (27/6/2020).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sarankan Kunjungi Desa Mandiri

Selain berinovasi, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum juga menyarankan kepada kepala desa se-Jawa Barat untuk mengunjungi desa berstatus mandiri. Mempelajari inovasi pembangunan di sana.

Sehingga kepala desa dapat memperoleh informasi dan kegiatan inovasi dari desa mandiri, yang dapat mendukung pembangunan desa.

”Saya sarankan kepala desa kunjungi desa mandiri. Pelajari inovasi pembangunanya,” kata Kang Uu.

Desa mandiri sendiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

Selain itu, desa mandiri juga memiliki kemampuan dalam mensejahterakan masyarakat desa dengan ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

Sehingga suksesnya pembangunan desa, tergantung dari inovasi dan kreatifitas kepala desa bersama masyarakat desa.

Lebih lanjut Kang Uu mengatakan, jika kepala desa hanya berdiam diri saja di desa masing-masing, maka pola pikirnya tidak berubah. Begitu pun pendengaran atau wawasannya.

“Pola pikir tak berubah. Pendengaran juga tak bertambah. Jika hanya diam di desa itu saja. Jadi kades harus naik kelas dari waktu ke waktu,” ujar Kang Uu.

Lebih lanjut Kang Uu mengatakan, komunikasi kepala daerah dengan pemerintah Kabupaten/Kota maupun provinsi, amat krusial dalam pembangunan desa.

Maka dari itu, Wakil Gubernur Jabar ini mengimbau kepada para kepala desa se-Jabar untuk pandai-pandai dalam membangun komunikasi dengan pemerintah daerah.

“Pandailah membangun komunikasi dengan pemerintah daerah,” tuturnya, dalam forum silaturahmi Apdesi.

Kang Uu pun berharap agar kepala desa mampu menginformasikan kepada masyarakat luas terkait inovasi dan pembangunan di daerahnya.

”Kades diharapkan mampu menginformasikan ke masyarakat. Terkait inovasi dan pembangunan di daerahnya,” pungkas Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi Jadi Percontohan di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi, Jawa Barat jadi percontohan bagi Ponpes di Jabar yang akan memulai kegiatan pendidikan dan...

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Mulai Disalurkan Hari Ini

Berita Jabar, galuh.id - Bansos Provinsi Jabar tahap II kini mulai disalurkan hari ini, Kamis (9/7/2020). Terkait dengan persiapan untuk penyaluran Bansos...

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Kesiapan Sekolah Tatap Muka di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kesiapan sekolah tatap muka di Jabar, saat meninjau protokol kesehatan di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Foto Wajah Anak Berubah Mirip Nenek Tua, Makhluk Gaib Numpang Eksis atau Editan?

Berita Ciamis, galuh.id - Keanehan makhluk gaib yang dialami oleh Arif Syahbana. Ia merupakan warga desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis terbilang...

Polres Ciamis Tutup Tambang Ilegal di Pangandaran

Ciamis, galuh.id – Satreskim Polres Ciamis menutup tambang illegal di Dusun Sindangsari, Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Hilang Terseret Arus, Warga Ciamis Ditemukan di Sungai Citanduy Banjar

Ciamis, galuh.id - Kokom Komariah (42) warga Dusun Ciheras RT 01, RW 08, Desa Selacai Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis,...

Cegah Corona, Sumber Teknik Tasikmalaya Sumbang Alat Semprot Disinfektan Ke Masjid Agung

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Untuk mencegah menyebarnya Virus Corona (Covid-19), Sumber Teknik Tasikmalaya (STT) memberikan bantuan pada Masjid Agung Tasikmalaya, Rabu (26/03/2020).

Karang Taruna Batununggul Desa Mekarmukti Cisaga Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI

Ciamis, Galuh ID - Bulan September berkaitan erat dengan peristiwa bersejarah di Indonesia, yaitu Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) atau yang lebih dikenal dengan...