Sabtu, 27 Februari 2021
Sabtu, 27 Februari 2021
 
 

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Minta Kepala Desa Berinovasi

Berita Jabar, galuh.id – Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, para kepala desa harus terus melakukan inovasi agar potensi desa dapat berkembang.

Dengan dikembangkannya potensi desa, maka kesejahteraan masyarakat desa pun meningkat.

Karena salah satu dari tugas utama kepala desa atau Kades adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Kades di Jabar harus terus berinovasi. Supaya potensi desa berkembang. Kesejahteraan masyarakat desa pun jadi meningkat,” ujar Kang Uu, di Tasikmalaya, Sabtu (27/6/2020).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sarankan Kunjungi Desa Mandiri

Selain berinovasi, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum juga menyarankan kepada kepala desa se-Jawa Barat untuk mengunjungi desa berstatus mandiri. Mempelajari inovasi pembangunan di sana.

Sehingga kepala desa dapat memperoleh informasi dan kegiatan inovasi dari desa mandiri, yang dapat mendukung pembangunan desa.

”Saya sarankan kepala desa kunjungi desa mandiri. Pelajari inovasi pembangunanya,” kata Kang Uu.

Desa mandiri sendiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

Selain itu, desa mandiri juga memiliki kemampuan dalam mensejahterakan masyarakat desa dengan ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

Sehingga suksesnya pembangunan desa, tergantung dari inovasi dan kreatifitas kepala desa bersama masyarakat desa.

Lebih lanjut Kang Uu mengatakan, jika kepala desa hanya berdiam diri saja di desa masing-masing, maka pola pikirnya tidak berubah. Begitu pun pendengaran atau wawasannya.

“Pola pikir tak berubah. Pendengaran juga tak bertambah. Jika hanya diam di desa itu saja. Jadi kades harus naik kelas dari waktu ke waktu,” ujar Kang Uu.

Lebih lanjut Kang Uu mengatakan, komunikasi kepala daerah dengan pemerintah Kabupaten/Kota maupun provinsi, amat krusial dalam pembangunan desa.

Maka dari itu, Wakil Gubernur Jabar ini mengimbau kepada para kepala desa se-Jabar untuk pandai-pandai dalam membangun komunikasi dengan pemerintah daerah.

“Pandailah membangun komunikasi dengan pemerintah daerah,” tuturnya, dalam forum silaturahmi Apdesi.

Kang Uu pun berharap agar kepala desa mampu menginformasikan kepada masyarakat luas terkait inovasi dan pembangunan di daerahnya.

”Kades diharapkan mampu menginformasikan ke masyarakat. Terkait inovasi dan pembangunan di daerahnya,” pungkas Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Strategi Gubernur untuk Keberhasilan Program Vaksinasi Covid-19 Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Program Vaksinasi Covid-19 Jabar agar berhasil harus ada cara agar dapat mengejar tingak kecepatan serta keberhasilan program tersebut. Gubernur Jawa Barat...

Tren Pakai Masker dan Jaga Jarak di Jabar Meningkat, Berikut Datanya

Berita Jabar, galuh.id - Setelah penerapan PPKM dari tanggal 11 Januari 2021, tingkat kesadaran warga Jabar dalam menggunakan masker dan menjaga jarak kian meningkat. Penilaian...

Lewat Film, Jabar Sosialisasikan Prokes Saat Berwisata

Berita Jabar, galuh.id - Pemprov Jabar bersama Aria Production lewat film akan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes) saat berwisata. Tujuannya adalah supaya penanganan Covid-19 dan...

Temukan Kami

47,936FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya