Selasa, 9 Maret 2021
Selasa, 9 Maret 2021
 
 

Wagub Nilai Pemekaran Wilayah di Jawa Barat Penting, Ini alasannya

Berita Jabar, galuh.id – Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menilai, pemekaran wilayah di Jawa Barat menjadi penting guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, mempercepat pembangunan daerah, serta menunjang pemerataan anggaran ke daerah.

“Semakin dekat melayani masyarakat oleh pemerintah, semakin bagus dan semakin prima,” kata Kang Uu, sapaan akrab Wagub Jabar, di Kota Cirebon Rabu (18/11/2020).

Menurut Kang Uu, dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa dan luas wilayah 35.377,76 km², provinsi Jawa Barat idealnya memiliki 40 kabupaten/kota.

Dengan demikian, maka anggaran dari pemerintah pusat untuk Jabar meningkat. Karena saat ini provinsi yang jumlah penduduknya lebih rendah dari Jabar mendapatkan anggaran lebih besar.

“Bantuan dari pemerintah pusat bukan menurut jumlah penduduk. Akan tetapi jumlah pemerintahan, jumlah desa,” jelasnya.

Idealnya, ucap Kang Uu, Jabar memiliki 40 Kabupaten/Kota. Saat ini di provinsi Jawa Barat sendiri terdapat 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa.

Pengajuan Pemekaran Wilayah di Jawa Barat Bukan Hal Baru

Pemekaran wilayah, lanjut Kang Uu, pernah Jabar lakukan seperti di Pangandaran dan Tasikmalaya. Dari dua pemekaran itu, ia mengklaim jika hasilnya sangat signifikan.

”Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah berjalan lebih optimal,” katanya.

Meski begitu, Kang Uu menegaskan pemekaran wilayah harus dengan kajian yang komprehensi. Mulai dari sektor ekonomi sampai batas geografi.

“Ini harus menyiapkan tentang batas, batasnya dimana. Kemudian juga pusat pemerintahan hasil penilaian akademis dimana,” katanya.

Ia menambahkan, pengajuan pemekaran wilayah bukan hal baru di Jabar. Keinginan masyarakat akan datangnya Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) harus terus dijembatani ke pemerintah pusat.

Setidaknya ada 9 daerah yang meminta untuk membentuk daerah otonomi baru (DOB). Kesembilan daerah tersebut antara lain, Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur.

Kemudian Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.

Tujuan pemekaran wilayah di Jawa Barat yakni guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Lalu, mempercepat pembangunan daerah serta menunjang pemerataan anggaran ke daerah. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

BMI Jabar Minta Pemerintah Anulir Hasil KLB Demokrat di Sumut

Berita Jabar, galuh.id - Bintang Muda Indonesia (BMI) Jabar angkat bicara terkait KLB Demokrat di Sumut pada 5 Maret 2021. Wakil Sekretaris DPD BMI Jabar...

Strategi Gubernur untuk Keberhasilan Program Vaksinasi Covid-19 Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Program Vaksinasi Covid-19 Jabar agar berhasil harus ada cara agar dapat mengejar tingak kecepatan serta keberhasilan program tersebut. Gubernur Jawa Barat...

Tren Pakai Masker dan Jaga Jarak di Jabar Meningkat, Berikut Datanya

Berita Jabar, galuh.id - Setelah penerapan PPKM dari tanggal 11 Januari 2021, tingkat kesadaran warga Jabar dalam menggunakan masker dan menjaga jarak kian meningkat. Penilaian...

Temukan Kami

47,889FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya