Selasa, 26 Januari 2021
Selasa, 26 Januari 2021
 
 

Warga Ciamis Temukan 3 Peluru Mortir di Lahan Kebun Pisang

Berita Ciamis, galuh.id – Warga di Ciamis menemukan tiga peluru mortir di lahan kebun pisang Desa Panaragan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Sabtu (20/6/2020). Diduga, mortir ini peninggalan jaman penjajahan.

Mortir ditemukan oleh salah seorang warga, Agus Muslim (48). Dia menemukan peluru mortir secara tidak sengaja saat sedang melakukan penggalian lahan.

Meriam mortir yang ditemukan di Desa Panaragan tersebut memiliki panjang sekitar 30 sentimeter, dengan berat kurang lebih sekitar 2 kilogram. Meski sudah karatan, namun diduga mortir ini masih aktif.

Peluru Mortir Ditemukan Oleh Warga

Saat dikonfirmasi, Kasubag Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena membenarkan adanya penemuan tiga peluru meriam mortir tersebut. Dia berkata, mortir ditemukan seorang warga di lahan kebun pisang.

Magdalena menerangkan, mortir ditemukan seorang warga yang sedang melakukan penggalian di lahan kebun pisang memakai cangkul. Kemudian tak sengaja cangkul itu mengenai sebuah benda keras.

”Setelah digali lebih dalam, ternyata ditemukan ada tiga buah mortir di dalam tanah di lahan kebun pisang itu,” ujar Magdalena, Minggu (21/6/2020).

Sesaat setelah ditemukan, mortir tersebut lalu diangkat dan diamankan di gubuk yang berada di lahan kebun pisang. Selanjutnya, warga (Agus) memberitahukan penemuan mortir itu ke pemilik lahan.

“Mortir itu diangkat setelah ditemukan. Lalu diamankan di gubuk kebun pisang. Kemudian dia memberitahukan temuan itu kepada pemilik lahan,” jelas Magdalena.

Lantaran khawatir mortir masih aktif, warga kemudian melaporkan temuannya ke Polsek Cikoneng. Tak lama, anggota Polsek dan Koramil Cikoneng, serta Bhabinkamtibmas, mendatangi lokasi penemuan.

Setelah tiba di lokasi, petugas langsung melakukan pemeriksaan terhadap benda temuan warga dan memastikan bahwa temuan itu merupakan amunisi mortir. Petugas lalu mengamankan mortir tersebut.

“Dilakukan pemeriksaan di TKP. Setelah dipastikan bahwa benda itu adalah benar amunisi mortir, petugas langsung melakukan evakuasi. Saat ini mortir diamankan di Koramil Cikoneng,” terang dia.

Magdalena menambahkan, tiga Peluru mortir itu rencananya akan disimpan di Gudang For Pal Korek Garut. Peluru mortir itu diduga sisa peninggalan zaman penjajahan, yang sudah lama terkubur dan berkarat. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Warga Ciamis Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan 15 Juta

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis melalui Dinas Sosial akan memberikan santunan sebesar Rp 15 juta bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. "Bantuan...

Satgas Covid-19 di Ciamis Menyebutkan Disiplin Memakai Masker Meningkat

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 di Ciamis saat melakukan operasi protocol kesehatan menyebutkan terjadi peningkatan penggunaan masker, terbukti dengan menurunnya pelanggar. Kasi Dalops Polisi...

Temukan Kami

48,103FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya