Kamis, 24 Juni 2021
Kamis, 24 Juni 2021
BJB

Warga Resah, 4 Domba Mati Mengenaskan di Cibadak Ciamis

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dibuat resah dengan ditemukannya empat ekor domba mati yang disimpan di “Hotel Domba” Bumdes Cibadak dalam keadaan mati secara misterius dan mengenaskan.

Keempat domba tersebut diketahui milik kelompok ternak Kingres.

Kelompok ternak Kingres sendiri berdomisili di Dusun Cibeureum RW 07, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Matinya keempat ekor domba tersebut terjadi berturut-turut. Dalam tubuh domba yang mati terlihat ada bekas gigitan di leher kemudian di bagian perutnya bolong.

Ketua kelompok ternak Kingres, Gani Adam mengatakan, matinya keempat ternak dombanya terjadi secara berturut-turut selang dalam dua hari.

“Pada hari Kamis siang kemarin pengurus domba hendak memberi pakan, namun alangkah terkejutnya dia melihat induk domba sudah mati dalam keadaan mengenaskan,” kata Gani kepada GaluhID, Senin (29/6/2020).

Domba Mati Misterius

Pada hari Minggu, 28 Juni 2020, tiga ekor anak domba mati. Kematiannya persis seperti induknya yang mengenaskan. Terdapat gigitan di bagian leher dan di perutnya bolong.

Pihaknya belum mengetahui persis, hewan apa yang memangsa ternaknya hingga meresahkan warga setempat.

“Namun apabila melihat bekasnya, dugaan sementara dimangsa oleh anjing liar atau ajag,” tuturnya.

Untuk mengetahui hewan apa yang memangsa keempat dombanya, dia akan mencoba memancingnya.

“Saya bersama anggota kelompok berniat akan mencoba memancingnya, nanti malam,” terangnya.

Sementara itu UPTD Peternakan dan Perikanan Wilayah Banjarsari bagian kesehatan hewan (Keswan), Misno mengaku telah mengetahui kejadian tersebut.

Namun pihaknya belum bisa berbuat banyak, lantaran belum diketahui hewan apa yang memangsa ternak domba milik kelompok ternak Kingres.

“Dari laporan yang diterima, dugaan sementara kemungkinan dimangsa anjing liar,” katanya.

Dia menuturkan, untuk menindaklanjuti kejadian ini, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Ciamis.

“Untuk mencegah kejadian yang sama, kami imbau peternak supaya lebih berhati-hati, perbaiki kandangnya jangan teledor dan jangan sekali-kali meninggalkan domba dalam keadaan diliarkan,” imbaunya.

Informasi yang didapat Galuh ID, kejadian aneh ini bukan hanya menimpa ternak domba saja. Namun ternak lain seperti ayam, bebek, kelinci, juga mati secara misterius serta mengenaskan. (GaluhID/Uus)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
256PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan