Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Waspada Longsor di Kawasan Kaki Gunung Syawal

Camis, Galuh.ID – Longsor terjadi di kaki Gunung Sawal, tepatnya di Dusun Wanasari yang berdekatan dengan Dusun Cihideung I Sindangkasih Kabupaten Ciamis pada Jum’at pagi (9/11/2018).

Ade Waluya, ketua Tagana kabupaten Ciamis mengatakan ketinggian longsor sekitar 20 meter dan lebar sekitar 25 meter. Akibat longsor tersebut banyak kayu pinus Perhutani yang tumbang dan terbawa arus tanah.

Selain itu, sumber mata air yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari juga tertutup tanah longsor.

Longsor memang jauh dari pemukiman penduduk tetapi, tetapi lumpur tanah longsor mengalir ke sungai Cihideung sehingga sungai keruh dan debit air meningkat.

Ade Waluya menghimbau warga harus meningkatkan kewaspadaan, terutama yang tinggal di bawah kaki Gunung Sawal.

“Karena hujan saat ini intensitasnya cukup tinggi yang mengakibatkan mudahnya pergerakan tanah atau labil,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Warga Resah, 4 Domba Mati Mengenaskan di Cibadak Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dibuat resah dengan ditemukannya empat ekor domba mati yang disimpan di...

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Akibat Pandemi Covid-19 di Ciamis, Ribuan Pasangan Suami Istri Bercerai

Berita Ciamis, galuh.id - Akibat pandemi Covid-19, di Ciamis ribuan pasangan suami istri bercerai, terdapat kenaikan yang signifikan perkara dibandingkan sebelum pandemi.

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar Dirumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk Pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.