Kamis, 28 Januari 2021
Kamis, 28 Januari 2021
 
 

Yamaha NMAX 160 versi 2021, Seperti Apa Spesifikasinya?

Yamaha NMAX 160 versi 2021 kini sudah mulai ramai jadi perbincangan di kalangan pecinta otomotif. Persaingan skuter matic maxi kini sudah mulai terasa berbeda.

Hal ini dapat terlihat ketika Honda meluncurkan New PCX 160, membuat public cukup terkesan dan tercengang bahwa Honda memberikan label 160 cc. Label tersebut tentu hanya berbeda tipis dengan sang rival yaitu NMAX 155.

Peluncuran Honda PCX 160 pun terbilang sangat istimewa karena Honda semakin percaya diri dengan produk skutik terbarunya dengan kubikasi lebih tinggi. Meski sebenarnya kubikasi motor tersebut hanya bertambah 1 angka saja yaitu 156 cc.

Melihat dari fakta tersebut, sebenarnya Yamaha telah lebih dulu melakukan rilis produk berupa Yamaha NMAX 160.

Ya, NMAX 160 versi 2021 sudah meluncur lebih awal, yaitu pada bulan November lalu. Namun peluncuran produk tersebut bukan di Indonesia, melainkan di Brazil.

Menariknya, di beberapa negara bagian di Eropa ternyata label NMAX 160 pun sudah mulai ada. Lantas, apa yang membedakan konfigurasi NMAX versi Brazil dengan NMAX versi Indonesia?

Yamaha NMAX 160 versi 2021 Brazil

Yamaha NMAX 160 versi Brazil ternyata SOHC dengan 4 katup VVA, adapun kapasitas murni mesinnya masih 155 cc dengan pendingin cairan, Power mencapai 15,4 HP HP di putaran 8000 RPM dan torsi 13,7 nm @ 6500 RPM.

Ternyata tidak ada perbedaan antara Yamaha NMAX versi Brazil maupun versi Indonesia. Hanya saja Yamaha NMAX Indonesia masih sungkan untuk melabeli 160, padahal di Brazil atau di beberapa negara di Eropa sudah punya label 160.

Baca Juga: Harga Yamaha XMAX Terbaru, Cek Spesifikasi Lengkapnya!

Yamaha Indonesia lebih memilih untuk memberikan label yang sesuai, seperti label 155 yang mungkin memang jarang ada. Hal ini tentu saja berbeda dengan Honda yang lebih memilih untuk melakukan pembulatan ke atas dalam hal label, seperti 156 yang kemudian menjadi 160.

Spesifikasi lengkap dari Yamaha NMAX 160 versi 2021 Brazil adalah sebagai berikut:

Mesin

Seperti pembahasan sebelumnya, Yamaha NMAX 160 versi 2021 Brazil ini memiliki kubikasi yang berkapasitas 155 cc. Tenaga maksimal yang ada pada skuter matic versi maxi ini adalah 15,4 hp (8000 rpm).

Jenis mesin yang terpasang dalam NMAX versi Brazil ini mengusung tipe SOHC dengan 4 valve, 4 stroke dan lengkap dengan iquid cooling.

Suspensi

Jenis suspensi depan yang melengkapi Yamaha NMAX 160 versi 2021 ini berupa telescopic fork 100 mm/ 100 mm (wheel). Sedangkan suspense belakang yang terpasang berupa suspension motor scale dengan ukuran 86 mm/ 85 mm (wheel).

Rem

Kenyaman berkendara pun tentu saling melengkapi tidak hanya berfokus pada kapasitas mesin maupun desain saja menlainkan mempertimbangkan beberapa fitur keselamatan seperti rem.

Jenis rem yang bersistem ABS, rem bagian depan berjenis brake hydraulic disc yang lengkap pula dengan anti lock system. Begitupun dengan rem bagian belakang yang memiliki desain sama yaitu brake hydraulic disc, lengkap dengan anti lock system.

Bahan Bakar

Seperti motor pada umumnya, Yamaha NMAX versi 2021 pun menggunakan bahan bakar berupa bensin atau gasoline.

Baca Juga: Vespa Sei Giorni II Dijual Terbatas, Intip Spek dan Harganya!

Perlu diketahui pula mengenai segi fitur ataupun desain dari NMAX 160 versi 2021 ternyata tidak berbeda dengan NMAX versi sebelumnya.

Dari segi desain, skuter matic maxi ini dilengkapi dengan desain taillight yang mirip dengan XMAX, menggunakan dual headlight dan DRL LED.

Salah satu fiturnya yaitu speedometer yang terpasang pun sudah full digital. Terdapat pula fitur stop start system dan smart key system.

Perbedaan antara NMAX yang diluncurkan di Indonesia didominasi dengan warna yang lebih doff. Sedangkan pada pasar Brazil warna-warna skuter matic ini lebih banyak glossy dengan 3 pilihan warna yaitu hitam, putih dan biru dongker.

Infromasi mengenai harga jualnya, Yamaha NMAX 160 versi 2021 Brazil ini dibanderol dengan harga sekitar 38 juta rupiah.

Itulah sekilas kabar mengenai motor matic jenis maxi dari Yamaha beserta dengan spesifikasi singkatnya, semoga bermanfaat. (GaluhID/Dianti Rahayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Mobil Hyundai Palisade, Kendaraan Keluarga Mewah Tahun 2021

Mobil Hyundai Palisade telah resmi meluncur pada akhir tahun 2020 kemarin dan akan resmi hadir di pasar Indonesia mulai tahun 2021 ini. Kendaraan roda empat...

RX-King Motor Jambret Harga Tinggi, Tapi Populer di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Motor RX-King jambret kini semakin populer di kalangan anak muda Ciamis. Bahkan menjadi salah satu motor dengan harga yang tinggi. Salah...

Fitur Terbaru Mobil Toyota Unggul dan Kekinian, Harga Semakin Naik

Fitur terbaru Mobil Toyota semakin up to date hingga membuat harga mobil-mobil ini semakin naik. Dengan penambahan berbagai fitur baru pun tentu saja membuatnya...

Temukan Kami

48,093FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya