Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

1 Pegawai Supermarket di Ciamis Terkonfirmasi Positif Corona

Berita Ciamis, galuh.id – Salah satu pegawai Supermarket di Ciamis terkonfirmasi positif Corona. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat konferensi pers, Jumat (29/5/2020).

“Benar, ada satu pegawai supermarket berjenis kelamin laki-laki (51) terkonfirmasi positif Corona. Hal tersebut berdasarkan hasil swab test yang keluar tadi malam,” ujarnya.

Menurutnya, swab test dilakukan pada saat test massal beberapa hari lalu. Pegawai yang terkonfirmasi positif Corona tersebut saat ini melakukan isolasi mandiri. Pegawai tersebut bekerja di bagian gudang.

“Dengan adanya Pasien positif Corona sehingga Supermarket Yogya ditutup sementara, dan hari ini diadakan swab test bagi seluruh karyawannya,” tuturnya.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Ciamis masih berjumlah 6 orang. Karena pegawai Yogya yang positif Covid-19 berasal dari luar Ciamis.

Sementara lima orang positif Corona di Ciamis sudah dinyatakan sembuh, sementara1 orang masih menjalani isolasi mandiri karena masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sebelumnya Pemkab Ciamis Lakukan Test Massal

Sebelumnya Pemkab Kabupaten Ciamis telah melakukan rapid test massal secara random di beberapa titik pusat keramaian, seperti pasar dan pertokoan. Test massal ini dilakukan beberapa waktu lalu sebelum hari raya Idul fitri.

Hasilnya, belasan warga dinyatakan reaktif rapid test (RDT). Namun setelah dilakukan swab test (PCR), hasilnya menunjukkan negatif.

Dari rapid test massal pertama, ditemukan 4 orang reaktif di Pasar Galuh Kawali dan di Toko Setia Kawali. Menyusul di Kecamatan Pamarican 4 orang terindikasi reaktif. Di Alun-alun Pamarican 2 orang reaktif.

Kemudian di Kecamatan Banjarsari ada 4 orang reaktif. Lalu di Kecamatan Rancah 1 orang terindikasi reaktif.

Belasan warga yang terindikasi reaktif rapid test tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan swab test atau PCR. Sambil menunggu hasil PCR, mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

Informasi terkini, hasil PCR atau swab test telah keluar dan semuanya menunjukan hasil negatif Covid-19.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Ciamis, Bayu Yudiawan menerangkan, setelah dilakukan tes rapid massal , maka dapat diketahui kondisi di Ciamis seperti apa. Meski ditemukan ada yang reaktif, tapi setelah dilakukan swab, hasilnya negatif.

”Ini menunjukan bahwa di Ciamis tidak terjadi penularan atau transmisi lokal,” ujar Bayu Yudiawan, Kamis (28/5/2020).

Bayu berkata, rapid test (RDT) merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi. Sementara alasan hasil swab test dari warga yang reaktif, bisa jadi sudah sembuh atau ada reaksi silang.

”Hasil reaktif rapid ini bisa juga karena sakit lain. Sehingga ada reaksi silang. Sebab sensitivitas alat persentasinya kecil,” jelas Bayu. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...
Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Artikel Terkait

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Bikers Subuhan Galuh Ciamis Serbu Kodim 0613 Ciamis

Ciamis, galuh.id - Puluhan Bikers Subuhan Galuh Ciamis (BSGC) menyerbu Kodim 0613 Ciamis pada Sabtu (01/02/2020), para bikers tiba pada pukul 04.00...

Kasus Pembunuhan Siswi SMPN 6 Tasikmalaya : Korban Masih Pakai Kerudung, Ada Bekas Ikatan

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota terus bekerja keras hingga larut malam untuk mengungkap penyebab kematian Delis siswi SMPN 6...

Bencana di Ciamis Awal Bulan Agustus 2019: Rumah Jebol sampai Sekolah Retak

Ciamis, galuh.id - Awal bulan Agustus tahun 2019, di Kabupaten Ciamis terjadi sejumlah bencana yang menimpa warga di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan...

IMM Ciamis Adakan Gerakan Literasi Sejak Dini di MI Cikohkol

Ciamis, galuh.id – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciamis sukses mengadakan gerakan Literasi Sejak Dini (LISDI), Kamis (23/1/2020). Bertempat di...

Dishub Ciamis Datangi Perusahaan Transportasi Bus Patas

Ciamis, galuh.id - Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis mendatangi perusahaan transportasi Bus patas untuk melakukan Ramcek kendaraan, guna persiapan menjelang hari raya Idulfitri,...