2 Hari Berturut-turut, Pemdes Sukasetia Cihaurbeuti Ciamis Digerudug Warga

Cihaurbeuti, galuh.id – Ratusan warga mendatangi kantor Pemdes Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Senin (16/09/2019).

Kedatangan mereka untuk menanyakan adanya dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) sebesar Rp 400 juta dalam pembangunan Gedung Olahraga (GOR) dan dana Bumdesa sebesar Rp 250 juta.

Setelah audiensi warga dengan pihak Pemdes Sukasetia mengalami deadlock, warga kembali datang pada Selasa (17/9/2019) hari ini.

Pada pertemuan kali ini, dihadirkan mantan kepala Desa Sukasetia H.Ii Sujani, Mantan Ketua BPD Encang Abdul, BPD yang baru Dede Mansur, Camat Cihaurbeuti A. Khalid Fajari, Kapolsek dan Danramil Cihaurbeuti.

Namun, lagi lagi audensi belum menemukan titik temu. Tampak beberapa warga saking kesalnya membanting kursi dan meninggalkan ruangan. Hal itu dipicu karena pihak Pemdes Sukasetia belum bisa memberikan informasi yang jelas terkait rincian anggaran untuk pembangunan GOR.

Galuh ID sempat menemui Pjs Kepala Desa Sukasetia, Ayi Saeful Amin untuk mengkonfirmasi adanya dugaan penyelewengan dana Bumdesa dan anggaran pembangunan GOR Desa Sukasetia.

“Awalnya ada masyarakat yang bersilaturahmi minta difasilitasi untuk berdialog terkait anggaran yang dikucurkan ke BUMDes melalui pemerintah Desa Sukasetia tahun 2017 dengan total 250 juta sumber dana dari Dana Desa dan alokasi untuk pembangunan GOR sebèsar 400 juta,” katanya.

Ayi melanjutkan, pembangunan GOR tersebut disinyalir tidak berjalan dengan baik.

“Masyarakat berasumsi dengan dana 400 juta kok pembangunan GOR seperti itu? Mereka menduga adanya penyelewengan, makanya masyarakat minta difasilitasi untuk pertemuan ini,” katanya.

Ayi menambahkan, terkait rincian anggaran pembangunan GOR Desa Sukasetia, Ayi mengaku belum menerima memorandum dan laporan pekerjaan yang belum diselesaikan, ketika serah terima jabatan (Sertijab) selaku PJS Desa Sukasetia.

Sementara, A. Khalid Fajari, Camat Cihaurbeuti mengatakan, dirinya tidak menghadiri Sertijab lantaran tidak diundang, sehingga tidak tahu menahu terkait hal tersebut.

“Saya hanya melantik pejabat sementara (Pjs) saja,” ungkapnya.

Hal berbeda diungkapkan H. Ii Sujani, mantan Kepala Desa Sukasetia. Dia mengaku sudah menyerahkan semua berkas dokumen laporan pekerjaan melalui sekretaris desa.

“Terkait penyerahan memorandum sewaktu Sertijab ke Pjs Kepala Desa yang baru, merasa sudah menyerahkan semua berkas dokumen laporan pekerjaan melalui Sekertaris Desa untuk disampaikan ke Pjs Kepala Desa yang baru,” katanya.

Hal tersebut diperkuat Sekretaris Desa (Sekdes) Sukasetia, Toni Hidayat, walau terlihat bingung, namun dirinya mengaku telah menyerahkan berkas dokumen laporan pekerjaan yang belum selesai di Desa Sukasetia kepada Pjs Kepala Desa.

Setelah dikonfirmasi lebih jauh, ternyata dokumen yang telah diserahkan adalah dokumen pekerjaan yang tidak terkait permasalahan pembangunan GOR di Desa Sukasetia. (GaluhID/Edis)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Lingkungan Perkantoran Ciamis Sering Dipakai Gelap-gelapan Pasangan Non Muhrim

Berita Ciamis, galuh.id – Rupanya sudah menjadi rahasia umum jika di belakang komplek perkantoran Ciamis tepatnya di Kelurahan Kertasari, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa...

Warga Antusias Nonton Film Dokumenter Toleransi Kampung Susuru Ciamis

Ciamis, galuh.id - Komunitas Nonoman Galuh menggelar nonton bareng film dokumenter di Bioskop 3D Perpustakaan Daerah Ciamis, Senin (30/12/2019), film tersebut tentang...

Cegah Corona, SMK Al-Ikhlas Panawangan Ciamis Serahkan APD

Berita Ciamis, galuh.id - Dalam rangka membantu pemerintah menangani wabah virus Corona atau Covid-19, SMK Al-Ikhlas Panawangan menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD)...

Tebing Ambruk, Dapur Warga Pamarican Ciamis Ikut Ambrol

Tebing Ambruk, Dapur Warga Pamarican Ciamis Ikut Ambrol Berita Ciamis, galuh.id- Naas menimpa Dudung, warga Dusun Citalem, Desa...

Pertama di Indonesia, Ciamis Pasang Pendeteksi Kedatangan Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Ciamis, galuh.id - Minimnya palang pintu perlintasan kereta api di jalan raya berstatus jalan Kabupaten yang disediakan oleh PT. KAI memotivasi Dinas Perhubungan Kabupaten...