Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Ada Wisata Ayunan Pelangi di Desa Jatimulya Kuningan

Hubungi Kami

Berita Jabar, galuh.id – Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meresmikan objek wisata Ayunan Pelangi yang berada di Desa Jatimulya, Kecamatan Jatimulya, Kabupaten Kuningan pada Sabtu (15/8/2020).

Kang Uu pun mengapresiasi inisiasi Desa Jatimulya dalam membangun objek wisata tersebut.

Menurutnya, inisiasi Desa Jatimulya sudah sejalan dengan upaya pemprov Jabar untuk mendorong pembangunan Desa Mandiri. Salah satunya melalui pemberdayaan potensi-potensi wisata.

Selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa), pengembangan potensi wisata desa juga akan berimbas pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

”Intinya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa. Meningkatkan PAD desa. Jika PAD desa meningkat, IPM akan meningkat. IPM desa meningkat, IPM provinsi pun akan meningkat,” Katanya.

Kang Uu berharap wisata Ayunan Pelangi di Desa Jatimulya ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya. Untuk mulai bergerak dan menjadikan desanya sebagai Desa Mandiri.

Ia mengatakan, Pemprov Jabar siap membantu pembangunan sarana dasar seperti akses jalan dan fasilitas penunjang di lokasi objek wisata. Terlebih, Kuningan ini banyak potensi wisatanya.

”Tinggal berkoordinasi dengan kami untuk memberikan bantuan sarana dasar. Seperti jalan, tempat parkir, musola dan toilet, serta kedai-kedai untuk meramaikan potensi wisata,” tuturnya.

Wisata Ayunan Pelangi Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Sementara itu, Kepala Desa Jatimulya Ahmad Jayadi melaporkan, objek wisata Ayunan Pelangi ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan PADesa.

Kemudian, pemberdayaan objek wisata ini juga bertujuan agar Desa Jatimulya yang ada di wilayah perbatasan menjadi lebih dikenal. Mampu membangkitkan ekonomi masyarakat.

Ahmad Jayadi mengatakan, Ayunan Pelangi ini dibangun menggunakan tanah desa, yang dulunya lahan tidur. Sekarang sengaja dibangkitkan menjadi destinasi wisata.

Ia menerangkan objek wisata ini dibangun dengan harapan bisa memberikan hal-hal positif bagi masyarakat desa. Pertama, agar desa Jatimulya ini menjadi lebih dikenal.

Kedua, agar Desa Jatimulya ini jadi punya PAD desa. Ketiga, bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan. Terutama bagi masyarakat Desa Jatimulya.

Ayunan Pelangi Desa Jatimulya di Kuningan sendiri memiliki konsep bersantai di alam dengan puluhan ayunan kain warna warni yang digantungkan pada pohon jati.

Di sekeliling objek wisata Ayunan Pelangi ini terdapat beberapa wahana bermain untuk anak-anak serta beberapa makanan. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Hari Guru Nasional, Johan J Anwari Kenang Jasa Pendidik

Berita Jabar, galuh.id - Hari ini, tanggal 25 November 2020 seluruh guru di Indonesia secara serentak memperingati Hari Guru Nasional.

Bansos Jabar Tahap III Tuntas 100 Persen, 1,9 Juta KRTS Terima Bantuan

Berita Jabar, galuh.id - Pendistribusian bansos Jabar tahap III tuntas 100 persen. Dari sebanyak 1.900.688 KRTS atau Keluarga Rumah Tangga Sasaran penerima...

UMK Jabar 2021 Ditetapkan, Ini Daerah Upah Tertinggi Sampai Terendah

Berita Jabar, galuh.id - Pemerintah daerah provinsi Jabar melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di wilayah Jawa Barat...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke...

Spesifikasi OPPO Reno4 Z 5G, HP dengan RAM 8GB

Spesifikasi HP OPPO Reno4 Z 5G memiliki kemampuan dan kinerja yang mumpuni sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak muda.

HP OPPO A15 Resmi Melenggang, Harga 2 Jutaan Saja

HP Oppo A15 sontak membuat public mengejutkan, pasalnya dengan bandrol harga 2 jutaan saja sudah menyuguhkan 3 kamera utama.

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...

Spesifikasi iPhone 12 Mini, Buat Pengguna yang Nggak Mau Ribet

Spesifikasi iPhone 12 Mini terbilang cukup mumpuni meski memiliki ukuran yang kecil jika membandingkan dengan jajaran iPhone 12 dan smartphone Android pada...