Kamis, 21 Januari 2021
Kamis, 21 Januari 2021
 
 

APPI Sesalkan Klub Bermasalah Berlaga di Liga 2 2020

Info Liga 2, galuh.id – Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) menyesalkan keputusan PSSI dan PT LIB yang telah mengijinkan sejumlah klub bermasalah, untuk berlaga di Liga 2 2020.

Klub yang dinilainya bermasalah tersebut diantaranya PSPS Riau, Kalteng Putra, Mitra Kukar, Perserang Serang, dan PSMS Medan.

Lima Klub Berlaga di Liga 2 2020 Diketahui Masih Memiliki Tunggakan Gaji

Kelima klub tersebut bermasalah lantaran diketahui masih memiliki tunggakan gaji kepada para pemain.

Dikutif dari lama Goal, APPI menilai, PSSI dan PT LIB melakukan proses verifikasi tanpa mengikuti regulasi FIFA yang sudah diberlakukan secara global dalam sepakbola yaitu Club Licencing Regulation.

Di dalam regulasi FIFA tersebut diantaranya terdapat aspek financial yang harus diselesaikan oleh klub. Dimana aspek financial itu menjadi salah satu indikator utama suatu klub dapat mengikuti kompetisi sepakbola profesional.

Selain itu, APPI menilai telah terjadi pembiaran sehingga klub-klub bermasalah tersebut tetap dapat mengikuti kompetisi di Liga 2 2020 meskipun belum memenuhi aspek financial dalam regulasi.

Menurut APPI, PSPS Riau seharusnya tidak diijinkan bermain di Liga 2020 lantaran dihukum oleh National Dispute Resolution Chamber (NDRC).

Putusan NDRC itu menghukum klub PSPS Riau untuk tidak dapat melakukan pendaftaran pemain 3 periode transfer, baik tingkat nasional maupun internasional, sebelum menunaikan pembayaran gaji pemain yang masih tertunggak.

APPI menyebut, telah terjadi pelecehan hukum oleh PSSI dan PT LIB terhadap putusan berkekuatan hukum tetap dari lembaga penyelesaian sengketa nasional, amanat dari Circular FIFA nomor 1129, yakni NDRC yang juga merupakan pilot project FIFA.

Pihak APPI juga mengaku sudah berkomunikasi langsung dan melaporkan hal ini kepada FIFA dan FIFPro agar pelanggaran tersebut bisa ditindaklanjuti.

Meskipun hal ini diakui APPI sangat disesalkan, karena ada potensi hukuman yang lebih besar yang akan dijatuhkan oleh FIFA. Sehingga nantinya justru dapat merugikan sepakbola Indonesia itu sendiri.

APPI juga menyayangkan kasus tunggakan gaji pemain oleh klub yang masih terjadi setiap tahun. Bahkan kasus ini mengalami peningkatan di musim kompetisi tahun 2019.

Liga 2 2020 Berjalan, Meski BOPI Belum Mengeluarkan Rekomendasi

Lebih ironisnya lagi, kompetisi Liga 2 2020 tetap berjalan meski Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) belum mengeluarkan rekomendasi.

Padahal, rekomendasi tersebut menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mengurus ijin keramaian kepada pihak kepolisian.

Persiba Balikpapan Vs Kalteng Putra, dipercaya menjadi laga pembuka Liga 2 2020. Duel itu berakhir untuk kemenangan Persiba dengan skor 3-2 di Stadion Batakan, Sabtu (14/3).

Saat ini, seluruh kompetisi Liga 2 2020 ditunda selama dua pekan ke depan, hingga akhir Maret 2020.

Kebijakan tersebut menyusul penetapan pemerintah sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir merebaknya wabah virus Covid-19 di tanah air. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 Resmi Dibatalkan PSSI

Berita Olahraga, galuh.id - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akhirnya resmi dibatalkan oleh PSSI selaku induk sepak bola di Indonesia. Keputusan pembatalan kompetisi tersebut...

Liga 2: Meski Bertabur Bintang, PSMS Medan Kesulitan Finansial

Info Liga 2, galuh.id - Liga 2 Indonesia belum bisa dipastikan apakah tetap lanjut atau diberhentikan untuk musim 2020 ini. Banyak klub yang mengalami...

Sulut United Respon Positif Liga 2 Dilanjutkan Bulan November

Info Liga 2, galuh.id - Sulut United respon positif dengan keputusan untuk kompetisi Liga 2 dilanjutkan pada November sampai Desember nanti sudah cukup ideal. Sebab...

Temukan Kami

48,124FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya