oleh

April 2020, Pilkades Serentak di Ciamis Diikuti 143 Desa

 
 

Ciamis, galuh.id – Pilkades serentak di Ciamis, Jawa Barat akan diikuti 143 desa dari 27 kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Pilkades serentak di Ciamis ini akan digelar pada April 2020 mendatang.

Lili Romli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis mengatakan, untuk waktu pelaksanaan Pilkades serentak sampai saat ini belum ditentukan, namun menurutnya kemungkinan akan dilaksanakan pada tanggal 12 April 2020.

“Kami belum menentukan tanggal pelaksanaannya, namun yang pasti pemilihan akan digelar bulan April 2020. Ada 143 desa se-Kabupaten Ciamis yang akan menggelar Pilkades,” ujarnya kepada GaluhID Lili, Senin (4/11/2019).

Untuk tahapan Pilkades Serentak di Ciamis pada April 2020 mendatang, kata Lili, dimulai dengan persiapan pada Desember dengan membentuk panitia Pilkades. Lili juga menyampaikan akan melakukan penjaringan bakal calon kepala desa.

“Untuk pelaksanaan Pilkades kan ada aturannya yang harus sesuai dengan Peraturan Bupati Ciamis Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, bakal calon dibatasi sebanyak lima orang,” paparnya.

Lili menjelaskan jika bakal calon kepala desa yang mengikuti lebih dari lima orang maka akan dilakukan seleksi penjaringan. Pihaknya akan bekerjasama dengan Universitas Galuh (Unigal) untuk melaksanakan penjaringan bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang.

“Apabila ada 5 bakal calon kepala desa yang mengikuti, kami akan melakukan seleksi penjaringan dan akan bekerjasama dengan Unigal untuk menyeleksi bakal calon kepala desa,” ucapnya.

Lili berharap pelaksanaan Pilkades tahun 2020 yang merupakan proses demokrasi, dapat diikuti masyarakat dengan antusias dan berjalan dengan lancar.

“Kami berharap masyarakat untuk mengawal proses demokrasi ini dan mudah-mudahan muncul pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan sesuai dengan harapan masyarakat,” pungkasnya. (GaluhID/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA