Sabtu, 25 September 2021
Sabtu, 25 September 2021
spot_img

Aset Bank Bjb Tumbuh 16,7 Persen Pada Kuartal I 2021

Berita Jabar, galuh.id – Aset bank bjb/BJBR (PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk.) tumbuh 16,7% pada kuartal I Tahun 2021.

Tumbuhnya asset tersebut sebagai bukti bahwa bank bjb telah berhasil menunjukkan kinerja yang cukup impresif.

Jika dalam hitungan rupiah BJBR telah berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp. 479,32 miliar atau kenaikan dalam persentase sebesar 14,2%.

Sedangkan tahun lalu, berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp. 419,61 miliar sehingga terjadi kenaikan puluhan miliar.

Sebagai pembandingnya, Bank Pembangunan Daerah (BPD) PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM), BJBR lebih baik.

Pasalnya BJTM pada periode ini hanya mampu tumbuh 3%, berbeda dengan BJBR yang mampu tumbuh hingga belasan persen.

Dari segi aset, BJBR juga terpantau mampu tumbuh kencang total aset tumbuh di periode yang sama pada tahun lalu.

Pada tahun lalu aset bank bjb mampu tumbuh dari Rp. 123,02 triliun menjadi Rp. 143,6 triliun, kenaikan tersebut dalam persentase sebesar 16,7%.

Dana Pihak Ketiga Naik Melebihi Industri Perbankan Nasional

Kenaikan lainnya yaitu pada dana pihak ketiga, bank bjb tumbuh 17,9% sedangkan perbankan nasional hanya mampu tumbuh pada angka 9,62%.

Pemimpin Divisi Coorporate bank bjb, Widi Hartoto menjelaskan tentang perbandingan kenaikan antara bank bjb dengan perbankan nasional.

“Dana pihak ketiga, bank bjb mengalami pertumbuhan 17,9%, angka tersebut melebihi industri perbankan nasional yang pertumbuhannya hanya 9,62%,” jelas Widi.

Kemudian Widi juga menyampaikan kenaikan lainnya ada pada pemberian kredit yang berhasil melesat 12,9% ke angka Rp. 91,2 triliun.

Kenaikan tersebut menunjukkan komitmen BJBR dalam membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional melalui penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sedangkan pada kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) pada Q1 Tahun 2021 berada pada angka 1,40%.

Angka tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang berada pada angka 1,65%, penurunan tersebut jauh di bawah rata-rata NPL perbankan.

Sedangkan untuk profitabilitas sesuai Net Interest Margin (NIM), BJBR sukses mengungguli NIM perbankan yaitu 5,53% sedangkan perbankan 4,62%.(GaluhId/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan