Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Begini Aturan Protokol Kesehatan untuk Ponpes di Jabar

Berita Jabar, galuh.id – Pemerintah daerah provinsi (pemprov) Jawa Barat mengeluarkan kebijakan tentang protokol kesehatan dan penyelenggaraan aktivitas di lingkungan pondok pesantren (ponpes) di Jabar.

Hal itu diatur dalam Pergub Jabar No: 443/Kep.321-Hukham/2020 tentang Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Lingkungan Pondok Pesantren.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pergub Jabar dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Jabar ini sudah disepakati oleh para kiai dan pengurus ponpes.

“Aturan ini tidak dikeluarkan tiba-tiba. Sebelumnya telah dibuat rancangannya. Sejak itu kami terus sampaikan ke para kiai dan pengurus pesantren di Jabar,” ujar Kang Uu, Minggu (14/6/2020).

Di dalam Pergub yang ditandatangani Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada 11 Juni 2020 ini, ada protokol kesehatan umum yang harus dipenuhi ponpes. Yakni, menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dilengkapi sabun.

Berikut Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi

Prorotokol umum lainnya, warga di lingkungan ponpes pun diharuskan menggunakan masker dan membatasi aktivitas dengan jaga jarak atau physical distancing.

Selanjutnya, pengurus ponpes harus menyediakan media sosialisasi terkait protokol kesehatan. Ponpes juga harus secara rutin membersihkan seluruh fasilitas yang ada di ponpes.

Dalam Pergub ini, Ponpes di Jabar harus membuat surat pernyataan kesanggupan memenuhi protokol kesehatan yang ditujukan kepada Bupati/Walikota masing-masing.

Sementara bagi kiai, santri, asatidz, dan pihak lain yang akan masuk ke ponpes, harus menunjukkan surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat.

Sebelum melakukan aktivitas di ponpes, mereka juga harus melakukan isolasi selama 14 hari di ponpes tersebut.

Di tempat ibadah, tidak diperkenankan penggunaan karpet/sajadah, sarung, dan mukena umum. Saat salat, jemaah pun harus menjaga jarak minimal 1 meter dan menghindari kontak fisik.

Protokol jaga jarak minimal 1 meter juga berlaku di tempat belajar atau kelas. Selain itu, metode tugas kelompok, praktik olahraga, dan penggunaan sarana prasarana umum ditiadakan.

Sementara di kobong atau tempat santri menginap, yang harus ditaati selain protokol umum adalah tidak berbagi kasur antara para santri.

Santri dilarang berbagi makanan dan minuman bekas pakai. Santri juga dilarang menggunakan pakaian, perlengkapan mandi, ibadah, dan alat makan secara bersama-sama.

Apabila terdapat indikasi Covid-19, maka pengurus ponpes harus membawa orang yang terindikasi itu ke fasilitas pelayanan kesehatan. Jika dirujuk, pengurus harus membersihkan tempat tidur dan peralatan orang tersebut.

Pihak yang pernah kontak dengan orang terindikasi Covid-19, harus melakukan isolasi selama 14 hari.

Kang Uu menjelaskan, seluruh protokol dalam Pergub tersebut ditujukan untuk ponpes salafiyah (tidak ada sekolah) maupun ponpes khalafiyah (dengan sekolah) di Jabar.

“Karena inti pesantren secara keseluruhan sama. Ada santri yang murobatoh (tinggal lama) di pesantren tersebut,” kata Kang Uu.

Sanksi Bagi yang Melanggar

Adapun bentuk sanksi yang akan diterapkan apabila terjadi pelanggaran terhadap protokol kesehatan, yakni dalam bentuk teguran lisan atau tertulis.

Kang Uu menegaskan, protokol kesehatan itu dibuat untuk kebaikan dan kemaslahatan umat. Sebab, pihaknya tidak ingin ada klaster baru (Covid-19) di Jabar dari pesantren.

“Yang tidak punya pesantren tak perlu ikut mengomentari dan membuat gaduh. Semua pesantren menerima dan memahami Pergub ini,” pungkas Kang Uu. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi Jadi Percontohan di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi, Jawa Barat jadi percontohan bagi Ponpes di Jabar yang akan memulai kegiatan pendidikan dan...

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Mulai Disalurkan Hari Ini

Berita Jabar, galuh.id - Bansos Provinsi Jabar tahap II kini mulai disalurkan hari ini, Kamis (9/7/2020). Terkait dengan persiapan untuk penyaluran Bansos...

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Kesiapan Sekolah Tatap Muka di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kesiapan sekolah tatap muka di Jabar, saat meninjau protokol kesehatan di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Disdik Ciamis Gelar Bimtek Hadapi Revolusi Industri 4.0

Ciamis, galuh.id - Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar Bimbingan Teknis dengan Guru TK, SD dan SMP se-Kabupaten Ciamis di Aula Stikes Muahamdiyah...

Sirkuit Dibangun, Penggiat Otomotif Ciamis Siap Turun Gunung

Berita Otomotif, galuh.id - Santernya pemberitaan media tentang pembangunan sirkuit di Ciamis menimbulkan banyak respon dari berbagai pihak. Salah satunya dari penggiat...

HP Vivo RAM 4GB Harga 2 Jutaan, Ini Pilihannya!

HP Vivo Ram 4GB harga 2 jutaan tentunya sangat dicari oleh masyarakat Indonesia yang menginginkan smartphone murah namun spek tinggi.

Spesifikasi HP Realme C11 Rilis 30 Juni 2020, Bisa Dapat Gratis

Spesifikasi HP Realme C11 dibutuhkan karena smartphone ini akan melakukan rilis pada tanggal 30 Juni 2020. Realme C11 akan...

Manajer Sriwijaya FC Mendadak Mundur dari Jabatannya

Info Liga 2, galuh.id – Publik sepak bola Sumsel dikejutkan dengan mundurnya Manajer Sriwijaya FC secara mendadak. Kepastian rencana...