oleh

Bundesliga Jerman Main Lagi, Tapi Pertandingan ‘Bak Laga Hantu’

Hubungi
 
 

Berita Olahraga, galuh.id – Mata dunia sepakbola tertuju pada Jerman, ketika Bundesliga Jerman kembali beraksi.

Kembali bergulirnya kompetisi sepak bola Jerman, Bundesliga, pada akhir pekan lalu. Setelah suspensi dua bulan akibat penyebaran virus Corona.

Bundesliga Jerman telah menjadi liga elit eropa pertama yang bergulir kembali. Hal itu tentunya seluruh mata penggila si kulit bundar menuju ke liga dengan rataan penonton di stadion terbanyak di dunia versi CIES Football Observatory ini.

Sebelumnya, dampak wabah Covid-19 di Jerman, pihak otoritas Liga Jerman (DFL) dan pemerintah setempat memutuskan kompetisi Bundesliga musim 2019/20 dihentikan pada 13 Maret lalu.

Dengan bergulirnya kembali Bundesliga, tentunya menjadi kabar baik namun menjadi sebuah dilema bagi para suporter.

Pasalnya, sesuai aturan yang ditetapkan otoritas setempat, seluruh pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton.

Sejak jauh hari, para suporter pun sudah diperingatkan untuk tidak datang ke stadion.

Pihak otoritas Jerman bahkan tak segan menghentikan pertandingan jika ada terlalu banyak suporter yang nekat datang ke area luar stadion.

Lantas, bagaimana rasanya pertandingan yang digelar secara tertutup ini?

Redaksi Galuh ID kali ini, mencari tahu tentang beberapa pertandingan yang digelar tanpa penonton.

Salah satu contohnya dilaga yang bertajuk Rivierderby, yang mempertemukan duel Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada Sabtu (16/5/2020) kali ini berjalan sangat berbeda.

Laga kedua tim dengan sejarah rivalitas panjang itu harus digelar tanpa penonton, sesuai dengan protokol kesehatan yang diberlakukan.

Meski tidak ada penonton yang hadir di stadion, para pemain Dortmund bermain begitu trengginas. Schalke dipermak 4-0 oleh Erling Haaland dkk.

Usai pertandingan, pasukan Lucien Favre berjalan ke arah tribun Yellow Wall yang berada di sisi selatan Stadion Signal Iduna Park.

Sembari berlari kecil ke arah tribun untuk memberikan penghormatan, lalu bertepuk tangan sebagai tanda terima kasih.

Tidak lupa, pemain Dortmund tetap melakukan physical distancing dengan tidak bergandengan tangan seperti biasanya.

Ritual tersebut selalu mereka lakukan seusai pertandingan, biasanya acap kali mendapat aplaus dan gemuruh dari penonton seisi stadion.

Dortmund Tempel Ketat Muenchen di Papan Atas klasemen

Dengan kemenangan atas rivalnya tersebut, Dortmund kini hanya berjarak empat poin dari pemuncak klasemen Bayern Muenchen.

Dortmund kini berada di peringkat kedua klasemen Bundesliga dengan koleksi 51 poin. Sedangkan Muenchen mengoleksi 55 poin.

Adapun Muenchen baru bertanding keesokan harinya, yakni pada Minggu (17/5/2020) malam melawan Union Berlin berhasil mengemas tiga poin.

Munchen yang berstatus tim tamu, menang atas tuan rumah Union Berlin 0-2. Hasil tersebut membuat persaingan memperebutkan gelar juara Liga Jerman makin ketat. (GaluhID/Dhi)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA