Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Bupati Ciamis akan Ubah Hutan Produksi di Gunung Sawal Jadi Hutan Lindung

Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membahas perubahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Ciamis yang baru. Pembahasan digelar di Aula Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruanh dan Pertanahan (DPUPRP), Rabu (11/9/2019).

Salah satu yang akan diusulkan dan menjadi pembahasan utama Herdiat adalah pengalihan hutan produksi di Gunung Sawal menjadi hutan lindung. 

“Sedang kita usulkan pengalihan hutan produksi di Gunung Sawal menjadi hutan lindung,” kata Herdiat.

Menurut Herdiat, luas wilayah yang menjadi hutan produksi di Gunung Sawal terlalu luas. Sehingga mempengaruhi iklim di Kabupaten Ciamis.

“Sekarang, kita bisa merasakan sendiri, Gunung Sawal yang seharusnya menjadi sumber air warga Ciamis tetapi sudah tidak bisa lagi diandalkan. Dilanda kemarau satu minggu saja kita sudah susah air,” ujarnya.

Hal itu disebabkan oleh Gunung Sawal yang sudah tidak lagi bisa menyimpan air lantaran terlalu banyak hutan produksi. Maka, lanjutnya, Pemerintah Daerah harus segera membuat kebijakan yang bisa menyelamatkan kelestarian Gunung Sawal sebagai sumber mata air.

Dia juga menegaskan, perubahan fungsi hutan produksi menjadi kawasan hutan lindung atau hutan konservasi akan melestarikan keanekaragaman hayati.

Dia menuturkan, apabila pemanfaatan fungsi hutan dijaga dengan baik akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Hutan yang dijaga dengan lestari akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Jika hutan rusak, masyarakat akan kesulitan air. Air kan kebutuhan utama manusia. Bagaimana bisa sejahtera jika kebutuhan utamanya saja sudah susah didapatkan,” tegasnya.

Lebih jauh dia mengatakan, RTRW yang disusun oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis bukan hanya untuk satu hingga lima tahun. Tetapi untuk 20 tahun ke depan. (galuh.id/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,381FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Rupiah Menguat Hari Ini, Rp 13.880 Per Dollar

Berita Nasional, galuh.id - Rupiah menguat hari ini tajam pada perdagangan Jumat (5/6/2020) melawan dolar Amerika Serikat (AS), penguatan rupiah pekan ini...

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, BJ Habibie Meninggal Dunia

Berita Nasional, galuh.id - Masyarakat Indonesia harus kehilangan mantan sosok nomor satu di Indonesia, yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggal...

Peduli Alam, Bikers Brotherhood 1% MC Bagikan 200 Bibit Pohon

Ciamis, galuh.id - Bikers Brotherhood 1% MC wilayah Priangan Timur yang meliputi Tasikmalaya, Ciamis dan Kota Banjar membagikan 200 bibit berbagai pohon...

Klasemen Shopee Liga 1 2020 Pekan Ke-2, Menang 2-1 Persib Bandung Tempati Posisi Puncak

Klasemen Shopee Liga 1 2020 Pekan Ke-2, Menang 2-1 Persib Bandung Tempati Posisi Puncak Info Liga 1, galuh.id...

Piala Gubernur Jatim: Persik Kediri Tersungkur di Tangan Madura United

Info Liga 1, galuh.id - Tim sarat pengalaman di Piala Gubernur Jawa Timur, Persik Kediri harus tersungkur lebih dulu. Mereka harus mengalami...