Minggu, 24 Januari 2021
Minggu, 24 Januari 2021
 
 

Bupati Ciamis Launching Buku Sejarah Galuh dari Masa ke Masa

Berita Ciamis, galuh.id –  Bupati Ciamis Herdiat Sunarya launching buku sejarah galuh untuk menjadi pedoman bagi anak cucu di masa yang akan datang.

“Buku ini akan menjadi pedoman bagi anak cucu kita agar bisa memahami dan tahu akan sejarah galuh Ciamis,” ujar Herdiat, di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Selasa (22/12/2020).

Lanjut dia, buku itu merupakan buku sejarah Ciamis. Setidaknya dapat mendekati sejarahnya. Agar tidak rancu serta banyak yang mengklaim dengan terbitnya buku tersebut.

“Galuh ada dan pernah ada di Ciamis. Jadi kita sebagai warga tatar galuh Ciamis sangat bangga. Karena sejarah Ciamis telah tertuang dalam buku,” ucapnya.

Buku berjudul Galuh dari Masa ke Masa ini memiliki 307 halaman. Isinya menjelaskan secara ilmiah tentang perkembangan galuh dari masa prasejarah sampai saat ini.

Penyusunan buku itu sebagai salah satu upaya untuk menyajikan buku sejarah yang komprehensif, menjadikannya sebagai buku babon bagi generasi penerus.

Buku Sejarah Galuh Penguatan Jati Diri

Buku ini, kata Herdiat, akan menjadi pembuka bagi penguatan jati diri masyarakat Ciamis. Yang sampai sekarang masih menjunjung tinggi dan menjalankan nilai-nilai kegaluhan.

”Dengan terbitnya buku Galuh dari Masa ke Masa. Harapannya masyarakat Ciamis dapat terus ngamumule dan menjaga sejarah galuh,” katanya.

Selain itu, tidak ada lagi orang luar yang mengutak-atik sejarah galuh tanpa pengetahuan yang jelas. Herdiat pun mengajak masyarakat untuk menjaga sejarah tatar galuh.

Siapa yang menghormati sejarah, imbuh dia, ialah orang yang sangat kaya tak ternilai dengan apapun. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah.

Kepala Disbudpora Ciamis, Erwan, menyampaikan buku Buku Sejarah Galuh dari Masa ke Masa akan menjadi buku referensi. Karena Galuh itu ada di Ciamis.

”Buku ini bisa menjadi muatan lokal sejarah di sekolah, buku yang ada akan kita sebar ke tiap desa. Agar mereka tahu sejarah Galuh,” tuturnya.

Erwan pun mengajak masyarakat untuk menguatkan kembali sejarah Galuh dan terus menjunjung tinggi sejarah yang ada di Ciamis.

Jangan sampai, lanjut dia, diobok-obok oleh orang yang tidak tahu akan sejarah Galuh Ciamis.

“Kita kuatkan kembali dan terus jaga sejarah. Karena sejarah Galuh Ciamis banyak membawa makna kebaikan bagi masyarakat,” pungkasnya. (GaluhID/Aldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Tercantum di E-Form, Warga Ciamis Kecewa Tak Dapat BLT UMKM

Berita Ciamis, galuh.id - Penerima BLT UMKM warga Ciamis kecewa lantaran bantuan yang seharusnya diterima tidak cair. Padahal namanya tertera dalam e-form BRI. Nama Dodah...

Terkena Banjir, Lansia 90 Tahun di Banjarsari Ciamis Dievakuasi

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (22/1/2021) sore menyebabkan sebagian wilayah Banjarsari Kabupaten Ciamis terkena banjir. Seperti halnya, Dusun Cibeureum RT...

Sampah di TPA Banjaranyar Ciamis Capai 12 Ton per Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Sampah yang masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Banjaranyar Ciamis setiap hari capai 12 ton. Sampah itu berasal dari perumahan...

Temukan Kami

48,108FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya