Minggu, 12 Juli 2020
Minggu, 12 Juli 2020
 
 

9 Cara Redakan Sakit Gigi Tanpa Obat, Dijamin Ampuh!

Kesehatan, galuh.idBanyak orang yang lebih memilih sakit gigi daripada sakit hati. Tentu ini hanya salah satu guyonan lawas. Namun jika bagian kecil dari tubuh kita ini sakit, maka aktivitas Anda akan sangat terganggu. Sebelum Anda mengunakan obat, ternyata ada cara redakan sakit gigi tanpa obat. Galuh ID merangkumnya untuk Anda.

Gigi, bagian tubuh yang sangat berharga. Tanpa gigi kita tidak dapat mengunyah makanan untuk mendapatkan asupan gizi bagi tubuh kita. Gigi juga merupakan modal utama seyum manis Anda. Gigi yang sehat memberikan kesan tambahan pada senyum. Gigi yang rapi berbaris menambah pesona senyum seseorang. Namun tidak jarang ada juga yang justru menjadi lebih manis dengan gigi gingsulnya.

Namun seperti apapun bentuknya yang terpenting adalah memelihara kesehatannya. Menyikat gigi setiap pagi dan menjelang tidur, adalah jumlah minimal menyikat gigi agar gigi kita tetap sehat.

Selain itu, menghindari makanan yang mengandung gula seperti permen, dan makanan manis, juga merupakan cara memelihara kesehatan gigi.

Kika sudah mengalami sakit gigi, maka ada banyak sistem dalam tubuh yang menjadi terganggu gara-gara sakit gigi. Mulai dari panas dalam karena tidak bisa makan, sakit maag, sakit kepala dan lain sebagainya. Konon, emosi pun menjadi cepat terpancing ketika seseornag mengalami sakit gigi.

Pernah sakit gigi? Atau mungkin sering mengalaminya? Jangan pernah menyepelekannya. Sakit gigi adalah kondisi yang muncul berupa nyeri di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Sering sakit gigi adalah gejala penyakit gigi dan gusi. Namun ada beberapa sakit gigi yang menjadi tanda adanya penyakit lain dalam tubuh manusia, salah satunya adalah penyakit jantung.

Sakit gigi sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas. Penyakit ini ada yang terasa terus menerus, ada pula yang timbul tenggelam, beberapa saat muncul kemudian sembuh kembali dan sewaktu-waktu kambuh karena penyebab tertentu. Walaupun tidak beresiko kematian, sakit gigi harus segera diatasi.

Bagi penderita sakit gigi yang sakitnya sudah telalu parah, mencari obat paling mujarab pasti dilakukan demi kesembuhannya. Namun kadang, beberapa obat yang ada di apotek tidak selamanya cocok. Khasiat yang dirasakan satu orang mungkin berbeda dengan yang didapatkan oleh orang yang lainnya.

Jika segala macam obat kimia sudah Anda coba, maka saatnya Anda kembali kepada bahan-bahan tradisional, yang terbukti khasiatnya dalam mengobati sakit gigi Anda. Berikut adalah bahan-bahan tradisional untuk meredakan  sakit gigi yang mudah didapatkan.

1.Getah Kamboja

Pohon Kamboja adalah pohon yang mampu hidup di segala cuaca. Memiliki bunga yang indah sebagai penghias pekarangan. Selain itu, pohon ini memiliki getah yang ternyata ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi.

Cara redakan sakit gigi dengan getah kamboja, Anda ambil terlebih dahulu batang Kamboja yang masih muda, atau petik saja daunnya. Kumpulkan tetesan getahnya ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, siapkan bola kapas, dan basahi dengan beberapa tetes getah. Tekan kapas di bagian gigi yang sakit dan berlubang. Getah kamboja berkhasiat untuk mematikan bakteri yang yang menyebabakan nyeri pada gigi berlubang.

Perlu diperhatikan, jangan sampai tetesan getah ini mengenai gigi yang sakit, karena bisa merusak lapisan email gigi. Gigi yang keropos dan sudah tidak berfungsi dengan baik dapat dilenyapkan oleh getah kamboja. Caranya sama, yaitu dengan meneteskan getah ke gigi yang keropos. Jangan sampai kena pada gigi yang lain, karena terus menerus terkena getah kamboja bisa merusak gigi yang masih berfungsi dengan baik.

2. Air Garam

Larutkan satu sendok teh garam pada segelas air. Lalu gunakan untuk berkumur. Larutan garam ini akan membantu mengurangi kelembaban pada rongga mulut dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, berkumur dengan menggunakan air garam bisa menyembuhkan sakit gusi, mengurangi pendarahan setelah cabut gigi, sebagai desinfektan, membersihkan gigi, dan menghilangkan bau mulut.

3. Kompres Es

Cara redakan sakit gigi lainnya adalah dengan mengompres bagian pipi di sisi gigi yang sakit selama 15 menit akan membantu mematikan sarap sementara dan mengurangi rasa sakit gigi. Bisa juga dengan cara meletakkan batu es di bagian gigi yang sakit. Tahan beberapa saat sampai terasa kaku dan kebas.

4. Bawang

Bawang merah dan bawang putih adalah anti septik yang baik. Ketika sakit gigi, kunyahlah bawang mentah. Baik bawang merah maupun bawang putih. Pada saat mengunyah, cairan bawangg akan meresap ke gigi yang berlubang dan membunuh bakteri gigi. Biarkan beberapa saat, kemudian sikat gigi seperti biasa untuk menghilangkan bau bawang.

5. Cuka

Jika tidak suka rasa asin dari garam dan rasa dan baunya bawang merah dan bawang putih, anda bisa mencoba dengan berkumur cuka. Ingat, jangan langsung menggunakan cukanya ya. Karen selain karena Anda tidak akan tahan dengan asamnya, cuka yang terlalu banyak berbahaya bagi email gigi dan rongga mulit Anda. Cukup campurkan cuka ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Dilakukan secara rutin tiap hari.

6. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sejak dulu dipercaya untuk meredakan sakit gigi. Selain menyebabkan sensasi panas, minyak cengkeh bisa mematika kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Teteskan dua sampai tiga tetes minyak cengkeh pada bola kapas, lalu tekandi bagian gigi yang sakit. Hati-hati minyak mengenai lidah atau gigi lain. Karena sensasi pedasnya akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Anda juga bisa mengunyah cengkeh secara langsung jika tahan dengan rasa panas dan pedasnya. Ambil buah cengkeh yang masih segar, lalu kunyah menggunakan gigi yang sakit dan berlubang. Air cengkeh yang keluarkarena kunyahan akan membuat gigi sakit terasa lebih baik karena sensasi hangat di gigi Anda.

7. Daun Jambu

Cara redakan sakit gigi tanpa obat lainnya adalah dengan menggunakan daun jambu bersifat antiseptik. Kunyahlah daun jambu, sebaiknya yang masih berupa pucuk agarlebih mudah dikunyah. Kunyah menggunakan gigi yang sakit.

Jika Anda tidak suka dengan rasa sepetnya Anda bisa merebus berapa lembar daun jambu, kemudian digunakan untuk berkumur selagi hangat.Lakukan hal ini sebanyak dua kali sehari pagi dan sore.

8. Batok Kelapa

Ibu-ibu yang suka membeli kelapa tuauntuk diambil santannya, sebaiknya jangan buang tempurung/batok kelapa. Karena tempurung/batok ini bisa mengobati sakit gigi yang diderita oleh anggota keluarga Anda.

Caranya, ambil tempurung kelapa yang masih menyisakan sedikit kepala, lalu dibakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak tersebut dengan kapas. Lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Niscaya dalam beberapa menit sakit gigi Anda akan hilang.

9. Bunga Korejat

Selanjutnya Anda bisa menggunakan Bunga Korejat sebagai salah satu cara redakan sakit gigi. Bunga Korejat memiliki banyak kandungan senyawa alkaloid dan alkaloid. Kandungan alkaloid, seperti lobelamine lobiline, dan isotamine. Sedangkan kandungan alkaloid yaitu senyawa basa bernitrogen seperti oksigen dan nitrogen. Akibatnya, tidak aneh jika tumbuhan ini memiliki rasa yang pahit dan getir saat merasakannya di lidah.

Senyawa lobelin berguna sebagai pelarut dalam berbagai macam zat kimia. Sedangkan isotamine berguna untuk menghentikan perkembangan bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Selain dipercaya sebagai obat mujarab untuk beberapa penyakit mata, bunga Korejat ternyata memilikikhasiat yang ampuh pula untuk menyembuhkan sakit gigi yang sudah tidak bisa disembuhkan lagi dengan obat-obatan kimia dan lainnya. Caranya adalah, ambil 2 kuntum bunga Korejat,kemudian cuci sampai benar-benar bersih. Tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada gigi yang sakit/berlubang.

Itulah cara redakan sakit gigi yang ampuh tanpa menggunakan obat. Selamat mencoba. (galuh.id/Diantika)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Cara Dapatkan Bentuk Tubuh Ideal Bak Artis Korea Lewat Diet K-Pop

Gaya Hidup, galuh.id - Bagi mereka yang bertubuh gemuk, diet merupakan kewajiban untuk mendapat bentuk tubuh ideal. Salah satu jenis diet yang...

Fashion Item Ini Wajib Dibawa Hijaber Saat Travelling

Gaya Hidup, galuh.id - Aktivitas yang padat memang kerap mengundang penat. Tidak heran jika traveling akhir-akhir ini jadi pilihan banyak orang yang...

Tips Agar Tak Rugi Saat Makan di Resto All You Can Eat

Gaya Hidup, galuh.id- Banyak restoran kini sering mengadakan menu All You Can Eat atau sering disebut sebagai AYCE. Restoran dengan konsep AYCE...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Ketahuan Curi Rokok, 2 Anak SMP di Langkaplancar Pangandaran Bacok Nenek Penjaga Warung

Pangandaran, galuh.id - Satreskrim Polres Ciamis berhasil menangkap tersangka pencurian dengan kekerasan di Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Hal itu disampaikan oleh Kapolres Ciamis AKBP...

HP Realme Juni 2020: Fitur Oke, Spesifikasi Mumpuni

Realme, produsen HP yang menggebrak pasar smartphone dunia dengan segala kecanggihannya. HP Realme Juni 2020 bisa jadi pilihan Anda untuk mencoba kecanggihan...

Klub Liga 2 Akan Diajak Uji Tanding oleh Persipura Jayapura, Siapa?

Info Liga 2, galuh.id - Persipura Jayapura akan melakoni laga uji coba melawan klub Liga 2 2020 guna persiapan menyambut kompetisi Liga...

Kasus Positif Covid-19 di Ciamis Bertambah Jadi 5 Orang, Pamarican Kembali Zona Merah

Berita Ciamis, galuh.id – Seorang warga Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis terkonfirmasi positif Corona setelah dilakukan tes swab dengan teknik PCR. Wilayah Pamarican...

3 Cara Hidup Hemat untuk Anak Kos yang Paling Efektif

Tips, galuh.id - Apakah Anda adalah sosok anak kos? Jika benar, maka anda sendiri mungkin selalu mengalami masalah secara finansial yang selalu terjadi setiap...