Rabu, 27 Januari 2021
Rabu, 27 Januari 2021
 
 

Cara Sukses Budidaya Jamur Tiram, Peluang Bisnis Menjanjikan

Sukses dalam budidaya jamur tiram tentu saja menjadi harapan para petani jamur. Namun untuk mencapai itu semua tentu saja kita perlu tahu ilmu atau karakteristik dari sebuah usaha dan tanaman yang akan kita kembangkan.

Jamur memiliki ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih, krem dan coklat. Tudung jamur berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram yang memiliki bagian tengah agak cekung. Teksturnya lembut seperti memiliki kandungan minyak.

Dulu pertumbuhan jamur sering kita temui di alam bebas seperti hutan. Jamur nampak menumpuk di permukaan batang pohon. Selain di batang pohon, jamur sering kita lihat tumbuh di atas tanah selepas hujan lebat.

Baca Juga: Bisnis Sambil Kuliah, Ini Tipsnya Biar Sukses

Saat ini, jamur tak hanya tumbuh di alam bebas dan harus menunggu hujan terlebih dahulu jika ingin melihat jamur tumbuh. Namun kini jamur bisa kita budidayakan sendiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan, di Indonesia pun mampu menciptakan budidaya baru yakni budidaya jamur. Para ahli yang menguasai biologi jamur dan teknik mikrobiologi, dengan berbagai penelitian kini dapat menyediakan bahan bibit untuk budidaya.

Pada awal mula ramainya budidaya jamur di Indonesia, media budidaya yang dipakai adalah jerami. Namun seiring berjalannya percobaan dan penelitian, kini para petani kebanyakan menggunakan media baglog yang bermedia serbuk kayu.

Serbuk kayu yang digunakan merupakan limbah kayu yang bisa kita dapatkan di tempat penggergajian kayu. Sebelum ramai budidaya jamur yang menggunakan bahan baku tersebut, dulu limbah tersebut bisa kita dapatkan secara gratis. Namun kini biasanya menjadi bertarif.

Cara Sukses Budidaya Jamur Tiram

Untuk mencapai kesuksesan dalam budidaya jamur tiram, kita perlu menyiapkan beberapa hal penting. Selain menyiapkan serbuk kayu, kita pun perlu menyiapkan baglog, open, dedak, jagung, serta yang paling utama persiapan membuat kumbung jamur.

Selanjutnya kita akan mengulas secara rinci hal-hal yang harus dipersiapkan untuk memulai belajar cara sukses budidaya jamur tiram. Perlu diingat, jamur tiram tak hanya sehat untuk dikonsumsi. Namun bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita perlu melakukan riset dan manajemen. Persiapan yang matang harus menjadi prioritas. Tak terkecuali dalam menjalankan bisnis jamur tiram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle Book. Film The...

Cara Menanam Tanaman Janda Bolong Sistem Hidroponik, Ternyata Mudah Lho!

Cara menanam tanaman Janda Bolong sistem hidroponik ternyata sangat mudah. Saat ini tanaman Janda Bolong atau bahasa latinnya Monstera adansonii memang sedang viral. Banyak para...

Mengenal Tanaman Hias Keladi yang Lagi Naik Daun

Tanaman hias keladi akhir-akhir ini naik daun di kalangan pecinta tanaman. Bahkan bisa jadi peluang usaha baru pada masa pandemi Covid-19. Beberapa bulan ini akibat...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya