oleh

Ciamis Kekurangan Guru PNS, Kadisdik: Setiap Tahun Ada 700 Guru Pensiun

 
 

Ciamis, galuh.id – Setiap tahun 700 guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Ciamis pensiun, akibatnya banyak sekolah yang kekurangan guru PNS.

Banyak guru yang mengajar berbagai mata pelajaran sekaligus. Selain itu, ada juga guru honorer yang ikut membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H Tatang setelah upacara peringatan Hari Korpri dan Hari Guru di Taman Lokasana Ciamis, Senin (2/12/2019).

“Benar sebetulnya kita sangat kekurangan guru PNS, sehingga banyak guru yang merangkap dalam mengajar, apalagi tahun 2019 penerimaan CPNS hanya 277 itu juga tidak semuanya untuk formasi guru,” ujarnya kepada Galuh ID, Senin (2/12/2019).

Tatang mengatakan dari total penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Ciamis, hanya 277 orang, sebanyak 155 orang diantaranya direkrut sebagai tenaga pendidik. Kondisi ini sangat tidak sebanding dengan kebutuhan guru di Ciamis.

“Ini sangat tidak sebanding dengan kekurangan yang dibutuhkan sehingga banyak guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ciamis, guru honorer dan sukwan sangat membantu kekosongan tersebut,” paparnya.

Tatang menjelaskan, setiap tahun ada 1.300 anggota KORPRI yang pensiun dari total 10.000 anggota di Kabupaten Ciamis.

“Untuk tahun 2019 yang purna bhakti ada 1300 orang dan 340 PNS yang akan dilepas pada hari Rabu, 4 Desember 2019,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menuturkan di Hari Korpri dan Hari Guru Nasional ASN harus betul-betul menjadi pelayan masyarakat.

“Kami berharap para ASN harus jadi pelayan masyarakat, sudah barang tentu itu harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada sekarang. Apalagi saat ini era 4.0 ASN harus menyesuaikan dengan kondisi,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA