Cuaca Ekstrim di Ciamis, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Cuaca Ekstrim di Ciamis, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Berita Ciamis, galuh.id – Cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten Ciamis. Hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengguyur wilayah Ciamis. Sehingga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon tumbang.

Selain menimpa rumah warga, pohon-pohon besar yang bertumbangan akibat diterjang hujan deras pun telah menutup akses jalan, memutus jaringan listrik serta telepon.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Soekiman, mengatakan, hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan berbagai kerusakan di wilayah Ciamis.

Pihaknya mengaku mendapat banyak laporan terkait kerusakan rumah warga pasca hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Ciamis, pada hari Sabtu (22/2/2020).

“Kami dapat banyak laporan terkait dampak kerusakan rumah akibat cuaca ekstrim di Ciamis sehingga tertimpa pohon roboh,” katanya.

Dari laporan yang masuk, lanjutnya, wilayah Ciamis yang terdampak kerusakan akibat pohon tumbang, diantaranya Kecamatan Ciamis, Kecamatan Cikoneng.

Selain itu juga, Dusun Cimanggu Desa Jalatrang, Dusun Urug Desa Pusakasari Kecamatan Cipaku, dan Kelurahan Benteng.

Tim reaksi cepat BPBD yang disiagakan, kata Soekiman, langsung meluncur ke lokasi kejadian dan bersama-sama dengan warga melakukan evakuasi.

Selain tumbangnya pohon-pohon, derasnya air hujan disertai angin kencang di wilayah Ciamis juga mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.

“Selain pohon tumbang, ada laporan banjir dan tanah longsor juga,” jelasnya.

Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di Dusun Kowasari, Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Sedangkan wilayah yang terdampak banjir berada di Dusun Pangrumasan, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Belum dilaporkan adanya korban jiwa dari berbagai kerusakan dan bencana yang ditimbulkan pasca hujan deras disertai angin kencang ini.

Soekiman mengatakan, saat ini tim BPBD Ciamis masih berada di lapangan untuk membantu evakuasi rumah warga yang terdampak sambil melakukan pendataan.

“Informasi ini masih sementara karena kami masih terus melakukan pendataan di lapangan akibat cuaca ekstrim di Ciamis,” ujarnya. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Hebat! Tim Sepakbola SDN 2 Ciulu Wakili Kecamatan Banjarsari di Olimpiade

CIAMIS- Tim sepakbola SDN 2 Ciulu berhasil meraih juara setelah mengalahkan SDN 1 Cicapar pada laga final sepakbola Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD...

Banyak Istri Gugat Cerai Suami di Ciamis, Ini Alasannya

Ciamis, Galuh ID - Pengadilan Agama kabupaten Ciamis mencatat dari Januari sampai Oktober 2018 angka perceraian mencapai 4000 orang, angka ini menandakan adanya kenaikan...

Kebakaran Hutan Jati di Lereng Gunung Kecamatan Banjarsari Ciamis Sulit Dipadamkan

Galuh ID - Tak seperti biasanya udara di Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari terasa gerah pada Senin malam (28/08/2018). Musim kemarau seperti sekarang, udara di...

Sempat Viral Tidak Melayani Pasien BPJS, Berikut Penjelasan Direktur RS Dadi Keluarga Ciamis

Ciamis, galuh.id - Keputusan manajemen RS Dadi Keluarga Ciamis yang tidak menerima lagi pasien BPJS mulai tanggal 1 Januari 2019 sempat viral di media...

Cerita Dibalik Setiap Julukan Klub Terbaik Premier League

Cerita Dibalik Julukan Klub Terbaik Premier League Premier League disebut-sebut sebagai liga terbaik dunia. Pertandingan dalam liga primer ini...