oleh

Cuaca Ekstrim di Ciamis, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Hubungi
 
 

Cuaca Ekstrim di Ciamis, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Berita Ciamis, galuh.id – Cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten Ciamis. Hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengguyur wilayah Ciamis. Sehingga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon tumbang.

Selain menimpa rumah warga, pohon-pohon besar yang bertumbangan akibat diterjang hujan deras pun telah menutup akses jalan, memutus jaringan listrik serta telepon.

Loading...

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Soekiman, mengatakan, hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan berbagai kerusakan di wilayah Ciamis.

Pihaknya mengaku mendapat banyak laporan terkait kerusakan rumah warga pasca hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Ciamis, pada hari Sabtu (22/2/2020).

“Kami dapat banyak laporan terkait dampak kerusakan rumah akibat cuaca ekstrim di Ciamis sehingga tertimpa pohon roboh,” katanya.

Dari laporan yang masuk, lanjutnya, wilayah Ciamis yang terdampak kerusakan akibat pohon tumbang, diantaranya Kecamatan Ciamis, Kecamatan Cikoneng.

Selain itu juga, Dusun Cimanggu Desa Jalatrang, Dusun Urug Desa Pusakasari Kecamatan Cipaku, dan Kelurahan Benteng.

Tim reaksi cepat BPBD yang disiagakan, kata Soekiman, langsung meluncur ke lokasi kejadian dan bersama-sama dengan warga melakukan evakuasi.

Selain tumbangnya pohon-pohon, derasnya air hujan disertai angin kencang di wilayah Ciamis juga mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.

“Selain pohon tumbang, ada laporan banjir dan tanah longsor juga,” jelasnya.

Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di Dusun Kowasari, Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Sedangkan wilayah yang terdampak banjir berada di Dusun Pangrumasan, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Belum dilaporkan adanya korban jiwa dari berbagai kerusakan dan bencana yang ditimbulkan pasca hujan deras disertai angin kencang ini.

Soekiman mengatakan, saat ini tim BPBD Ciamis masih berada di lapangan untuk membantu evakuasi rumah warga yang terdampak sambil melakukan pendataan.

“Informasi ini masih sementara karena kami masih terus melakukan pendataan di lapangan akibat cuaca ekstrim di Ciamis,” ujarnya. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA