Minggu, 24 Januari 2021
Minggu, 24 Januari 2021
 
 

Cuaca Ekstrim, Warga Tasikmalaya Diimbau Liburan Nataru 2021 di Rumah

Berita Tasikmalaya, Galuh.id – Polres Tasikmalaya, Jawa Barat, mengimbau masyarakat agar tidak merayakan libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021. Selain ancaman Covid-19 yang masih mengintai, warga juga harus waspada terhadap cuaca ekstrim.

Terlebih, Kabupaten Tasikmalaya dikenal sebagai kawasan yang rawan akan bencana alam.

Tanah longsor, banjir, gempa, angin puting beliung, banjir bandang hingga tsunami bisa saja terjadi di cuaca ekstrim.

“Imbauan kami untuk masyarakat. Libur akhir tahun ini tetap di rumah. Ancaman Covid-19 masih ada. Apalagi cuaca sedang ekstrim begini,” kata Kapolres Tasikmalaya, AKBP Hendria Lesmana, Jumat (25/12/2020).

Hendria pun mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain pakai masker, masyarakat juga harus jaga jarak dan tetap cuci tangan.

“Jangan sampai abai protokol kesehatan. Utamanya jangan berkerumun. Kami akan tindak kerumunan – kerumunan,” ucapnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga merilis peringatan cuaca ekstrim di penghujung tahun.

Kepala Subbid Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra mengatakan, prediksi akan ada cuaca ekstrim dalam 2-3 minggu ke depan yang hampir melanda di seluruh Indonesia.

Bahkan pada pertengahan hingga akhir Desember 2020, perkiraan curah hujan di Indonesia memang sedang tinggi.

”Karena monsun Asia telah aktif. Dan itu adalah ciri – ciri dari datangnya musim hujan di Indonesia,” jelasnya.

Bukan hanya pada Desember tahun ini, ia juga menyebut pada Januari dan Februari 2021 juga akan terjadi curah hujan yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu, Agie mengingatkan agar masyarakat dan instansi terkait untuk bersiap mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrim tersebut.

“Desember, Januari, dan Februari. Kondisi di tiga bulan itu perlu betul – betul kita antisipasi. Karena dampak bencananya akan tinggi,” kata Agie. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Polisi di Tasikmalaya Ciptakan Lagu Untuk Jokowi, Viral di Youtube

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Sebagai ungkapan rasa terima kasih, polisi di Tasikmalaya menciptakan lagu untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Polisi tersebut bernama Kompol Hidayatullah,...

Pemuda di Tasikmalaya Bawa Obat Keras Saat Operasi Yustisi

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Pemuda di Tasikmalaya kedapatan membawa obat keras saat berlangsung operasi yustisi, Kamis (21/1/2021). Dalam operasi oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya ini...

Gasak Motor 10 Detik, 3 Residivis Curanmor di Tasikmalaya Diringkus Polisi

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tiga orang residivis curanmor di Tasikmalaya yang baru keluar dari penjara harus kembali mendekam di balik jeruji besi usai menjalankan...

Temukan Kami

48,108FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya