Minggu, 12 Juli 2020
Minggu, 12 Juli 2020
 
 

Dana Desa di Ciamis Dikorupsi Kepala Desa

Ciamis, galuh.id – Satreskrim Polres Ciamis berhasil mengamankan Kepala Desa Bantardawa, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis yang mengkorupsi dana desa.

Tersangka melakukan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 165 juta. Tindakan tersebut terkait proyek pembangunan jalan.

“Tersangka memerintahkan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengurangi kualitas insfrastuktur jalan yang dibangun,” ujar AKBP Bismo Teguh Prakoso, Kaplores Ciamis saat konferensi pers di Mapolres Ciamis, Selasa (14/1/2020).

Tersangkat juga memerintahkan perangkat desa membuat laporan pertanggungjawaban yang tidak sesuai kenyataan di lapangan.

“Kita berhasil mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 25 juta dan dokumen-dokumen laporan pertanggungjawaban,” tutur Bismo.

Bismo memaparkan dana desa yang dikorupsi merupakan anggaran tahun 2017, berasal dari anggaran APBN, Bantuan Provinsi dan anggaran APBD Pemkab Ciamis.

“Anggaran yang disalahgunakan itu untuk kepentingan pribadi dan Tunjangan Hari Raya (THR). Kemudian tersangka tidak menyetorkan pajak yang seharusnya disetorkan kepada negara,” katanya.

Perbuatan tersangka terkuak dari informasi masyarakat, sehingga pihaknya langsung menindaklanjuti atas laporan tersebut.

Bismo menuturkan dalam penanganan kasus ini, audit yang dilakukan oleh Inspekorat Ciamis sampai 9 bulan.

“Tersangka kita jerat dengan undang-undang (UU) tindak pidana korupsi pasal 2 dan atau pasal 3 UU nomor 3 tahun 1999. Yang isinya sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman 4 sampai dengan 20 tahun penjara,” jelasnya.

Bismo mengatakan kasus ini akan diserahkan ke Kejaksaan, Kamis 16 Januari 2020. Dan setelah itu nantinya tersangka akan dibawa ke Lapas Kebon Waru Bandung.

“Kami mengimbau untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan dana desa dan jangan menyalahgunakan anggaran karena akan merugikan masyarakat dan negara,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Agun Gunandjar: Pembahasan RUU HIP Tidak Dilanjutkan

Berita Nasional, galuh.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa, menanggapi soal polemik RUU HIP atau Rancangan Undang-undang Haluan...

Bupati Ciamis Terpilih Angkat Bicara Terkait Penundaan Pelantikan

Ciamis, galuh.id - Penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis saat ini menjadi polemik di masyarakat, berbagai protes pun dilayangkan berbagai kalangan...

Warga Datangi Dishub Ciamis Terkait Pemberlakuan One Way

Ciamis, galuh.id - Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis melakukan audensi dengan warga yang terdampak diberlakukannya one way sepanjang jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten...

Ada Air Terjun Jernih dan Indah di Cihaurbeuti Ciamis

Galuh ID - KKN Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Galuh berusaha mengeksplorasi potensi wisata alam di desa Pasir Tamiang, kecamatan Cihaurbeuti,...

Kalah dari Persiraja Banda Aceh, Poin PSGC Ciamis Masih Nol

Berita PSGC, galuh.id- Pertandingan Liga 2 Grup Barat antara PSGC Ciamis melawan Persiraja Banda Aceh berakhir dengan kekalahan tim tuan rumah dengan...