Selasa, 19 Januari 2021
Selasa, 19 Januari 2021
 
 

Didera Hujan Semalaman, Sejumlah Bencana Longsor Terjadi di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis sejak Jumat (2/10/2020) malam hingga Sabtu (3/10/2020) pagi, mengakibatkan kejadian bencana longsor.

Bencana longsor ini terjadi di beberapa titik di tiga Kecamatan wilayah kabupaten Ciamis. Diantaranya Pamarican, Panawangan, Sukamantri dan Rancah.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan ada beberapa laporan kejadian longsor yang telah masuk akibat hujan deras.

Pertama, terjadi longsor tebing setinggi 2 meter di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri. Longsoran ini tidak menimbulkan kerusakan rumah, hanya menimpa kandang domba.

Laporan kedua, telah terjadi longsor yang menimbun sebagian jalan nasional. Tepatnya di Kecamatan Panawangan perbatasan dengan Jalan Raya Cikijing.

Akibat kejadian ini arus lalu lintas dari arah Ciamis menuju Cirebon dan sebaliknya sempat terhambat. Warga bersama petugas gotong royong membersihkan material longsoran.

“Untuk membersihkan material longsoran memang perlu alat berat. Saat ini materal longsoran dibersihkan dengan peralatan yang ada,” ujar Ade, Sabtu (3/10/2020).

Jalur Utara Ciamis Rawan Bencana Longsor

Diketahui, wilayah jalur utara Ciamis ini rawan longsor karena banyak tebing pinggir jalan. Untuk itu, pengendara yang melintasi jalan tersebut diminta berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

Laporan selanjutnya, tebing setinggi 3 meter dengan lebar 5 meter ambruk akibat terus diguyur hujan. Beruntung tidak menimpa rumah dibawahnya.

Akan tetapi, rumah di atas tebing tersebut terancam terbawa longsor jika longsoran terus meluas.

Kemudian, akibat hujan deras ini menyebabkan rumah warga ambruk, yakni rumah milik Atik (45) warga Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Sebelum ambruk, kondisi rumah tersebut diketahui memang sudah lapuk dimakan usia. Namun kemudian diperparah dengan guyuran hujan yang terjadi hampir setiap malam.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya mengalami kerugian materil saja.

Beberapa hari terakhir ini hujan kerap mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya. Untuk itu, pihak Tagana kini menyiapkan para anggotanya untuk selalu siaga bila terjadi bencana.

”Anggota Tagana pun diminta untuk mengimbau warga agar berhati-hati di musim hujan saat ini,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Bupati Ciamis Resmikan Lapangan Olahraga di Kawali

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meresmikan lapangan olahraga di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, Senin (18/1/2021). Dalam peresmian di Jalan Veteran No 38...

Viral Video Data UMKM Dibuang di Selokan Banjarsari Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Video yang berisi tentang formulir data UMKM dibuang ke selokan Banjarsari Ciamis oleh oknum, viral di media sosial Facebook dan...

Anak KPM PKH Ciamis Kuliah Gratis dan Dapat Uang di STMIK DCI Tasikmalaya

Berita Ciamis, galuh.id - Anak KPM PKH Ciamis selain mendapatkan kuliah gratis, juga akan mendapatkan uang saku tiap bulannya. Puluhan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM)...

Temukan Kami

48,134FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya