Senin, 18 Oktober 2021 | 9:27
Senin, 18 Oktober 2021
More
    BJB

    Dinkes Ciamis Sosialisasikan Tata Laksana Isolasi Mandiri ke SKPD

    Berita Ciamis, galuh.id – Dinkes Ciamis sosialisasikan tata laksana isolasi mandiri pada pasien Covid-19 dan penerapan pembiasaan hidup sehat ke SKPD.

    Kegiatan berlangsung secara virtual bersama seluruh SKDP di Aula Dinkes Ciamis, Senin (15/3/2021).

    Kabid Kesmas Dinkes Ciamis dr. Eni Rochaeni selaku narasumber pun mengupas tuntas hal tersebut.

    Menurutnya, tujuan dari sosialisasi ini adalah supaya SKPD dan masyarakat bisa membiasakan hidup sehat. Salah satunya dengan melakukan GERMAS.

    ”Sosialisasi kali ini sengaja mengundang seluruh SKPD. Karena terbilang banyaknya kasus klaster Covid-19 di perkantoran,” katanya.

    Sosialisasi ini lanjut Eni juga berkaitan dengan program-program unggulan dari bidang kesehatan yang perlu ada kerja sama dengan SKPD lingkup pemkab Ciamis.

    SKPD selaku pelayan publik kata Eni harus terus menyosialisasikan GERMAS dan merubah stigma buruk di masyarakat pada warga yang terpapar Covid-19.

    ”Agar tidak mengucilkannya karena bukan aib,” terangnya.

    Eni juga menyarankan pekerja di SKPD tak perlu panik bila ada rekan kerjanya yang terpapar Covid-19. Terpenting adalah menjaga prokes dan menjalankan isolasi mandiri.

    “Ini penting. Karena ini adalah upaya dan harapan kita semua tentang bagaimana kita dapat bekerja dengan aman, nyaman dan tenang,” ujarnya.

    Tata Laksana Isolasi Mandiri Jika Terpapar Covid-19

    Untuk tata laksana orang yang terpapar Covid-19 cukup menjalankan isolasi mandiri dengan membatasi mobilitas gerak (istirahat di rumah) selama 10 hari.

    Dan lanjut Eni, tanpa melakukan pemeriksaan kembali apabila tanpa gejala atau OTG.

    Bagi yang bergejala ringan seperti hanya batuk, flu, sakit tenggorokan dan hilang indra penciuman pun sama yakni menjalankan isolasi mandiri 10 hari.

    ”Tambah 3 hari lagi. Setelah gejala hilangnya indra penciuman,” paparnya.

    Jika kondisi semakin memburuk kata Eni dapat menghubungi fasilitas layanan kesehatan atau hotline 199 ext. 9 dengan perawatan di RSU.

    Dan dapat dinyatakan sembuh dari Covid-19 sesuai keputusan yang akan pihak medis keluarkan.

    Intinya menurut Eni saat berada di luar rumah seperti di tempat kerja, warga harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

    Ia juga berharap agar di setiap SKPD bisa membentuk satgas sebagai pelopor sosialisasi kesehatan.

    ”Tetap jaga kolaborasi lintas sektor sebagai andalan di Kabupaten Ciamis, kita berjuang bersama dan serahkan semuanya kepada Alloh SWT,” pungkas Eni. (GaluhID/Evi)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    286PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan