Minggu, 25 Juli 2021
Minggu, 25 Juli 2021
BJB

Disnakkan Ciamis Siapkan 130 Juleha Untuk Sembelih Hewan Kurban

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan (Disnakkan) telah menyiapkan 130 Juleha atau juru sembelih halal untuk pelaksanaan Idul Adha 2021.

“Kita sudah siapkan untuk Juleha. Ada 30 orang dari dinas. Lalu, dari DPR RI 100 orang. Jadi, totalnya 130 orang,” ujar Kepala Disnakkan Ciamis, Syarif Nurhidayat, Kamis (1/7/2021).

Para Juleha ini telah mendapat pelatihan tata cara menyembelih hewan kurban dengan baik dan benar, dan bakal mendapat sertifikat sebagai penyembelih hewan kurban.

Menurut Syarif, dengan adanya ratusan Juleha itu, masyarakat akan lebih merasa aman lantaran mendapat jaminan kehalalan daging kurban.

“Memberikan jaminan juga kepada masyarakat akan pangan asal hewan yang Halal, Aman, Utuh dan Sehat (HAUS),” ujarnya.

Sebanyak 130 Juleha itu akan disebar dan memberikan pembelajaran atau pelatihan kembali kepada para jagal di Kabupaten Ciamis.

“Jagal tuh kan banyak di Ciamis. Mereka akan membagikan ilmunya ke yang lain. Jadi, akan banyak jagal yang mampu menyembelih hewan kurban dengan baik,” ungkapnya.

Pelatihan untuk Juleha di Kabupaten Ciamis pelaksanaannya oleh Disnakkan bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

“Jadi saat ini kita sedang melaksanakan sosialisasi tata cara penyembilahan hewan bersama MUI,” ungkap Syarif.

Kalau dari MUI terkait dengan syariat Islamnya. Sementara materi dari Disnakkan yang berkaitan dengan kesehatan hewan.

Di masa pandemi Covid-19, lanjut Syarif, ada beberapa aturan protokol kesehatan yang harus diterapkan dalam penyembelihan hewan kurban.

Pihaknya pun sedang menyusun aturan tersebut untuk selanjutnya ditetapkan dan sosialisasikan ke seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

“Ada aturan prokes yang harus masyarakat terapkan nanti dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban, seperti tidak ada kerumunan di tempat penyembelihan,” jelas Syarif.

Pelaksanaan Idul Adha pada bulan Juli 2021 ini, meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal perayaan Idul Kurban. (GaluhID/Rizal)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
263PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan