Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021
spot_img

DPMPTSP Ciamis Sosialisasikan Perizinan Melalui Sistem OSS

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis menggalakkan sosialisasi pelayanan perizinan melalui sistem OSS.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ciamis, Selasa (24/11/2020) lalu.

Kepala DPMPTSP Ciamis Rudi SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa OSS (Online Single Submission) adalah perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan investasi dan kemudahan dalam berusaha. Kemudian bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi.

”Juga mendorong peran serta masyarakat. Dan sektor swasta dalam pembangunan daerah,” kata Rudi.

Melalui sosialiasi ini, Rudi pun berharap peserta bisa memahami berbagai kemudahan dalam sistem OSS.

Khususnya pelayanan di kecamatan untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha.

”Jadi untuk membuat NIB, masyarakat tidak perlu datang ke DPMPTSP karena bisa dilayani di Kecamatan, sehingga dapat mempercepat pelayanan,” ujar Rudi.

Perizinan Melalui Sistem OSS dan Evaluasi Retribusi IMB Kecamatan

Pihaknya pun berupaya keras untuk memberikan sosialisasi kepada para pelaku usaha. Perizinan OSS ini menurutnya harus dipopulerkan. Supaya semua pelaku usaha paham.

Selain sosialisasi perizinan OSS, DPMPTSP juga melakukan evaluasi capaian retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Kecamatan.

Rudi menerangkan untuk pembuatan izin IMB di kecamatan, rencananya akan memakai aplikasi yang dapat terintegrasi dengan DPMPTSP.

”Rencananya untuk pembuatan izin IMB di kecamatan memakai aplikasi. Yang dapat terintegrasi dengan DPMPTSP,” jelas Rudi.

Sementara Sekretaris DPMPTSP Ciamis Tejaningsih menyampaikan untuk 3 Kecamatan yang mencapai PAD retribusi IMB tertinggi, rencananya akan mendapat reward sebagai bentuk apresiasi.

”Dan bagi 10 kecamatan yang target melebihi 100 % untuk tahun 2021, target PAD-nya untuk bisa naik,” kata Tejaningsih.

Penyampaian sosialisasi perizinan OSS oleh petugas Front Office dan pengenalan aplikasi IMB Kecamatan oleh Tim IT DPMPTSP Ciamis, Turasman.

Dua orang pegawai, yaitu Kasi Pembangunan dan Kasi Perekonomian, sebagai peserta sosialisi mewakili kecamatan se-Kabupaten Ciamis.

Kegiatan sosialisasi OSS ini dalam rangka percepatan pelayanan perizinan dan intensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi IMB di kecamatan. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan