Kamis, Juni 20, 2024

Erick Thohir Bela Elkan Baggott Setelah Tak Respon Panggilan Timnas Indonesia

Baca Juga
- Advertisement -

Galuh.id– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan pandangannya mengenai Elkan Baggott yang tak merespon panggilan Timnas Indonesia saat play-off Olimpiade 2024 melawan Guinea.

Dalam program “Rosi” di Kompas TV pada Kamis (16/5/2024) bersama Rosiana Silalahi, Erick Thohir menjelaskan banyak hal tentang pemain skuad Garuda.

Khususnya menyikapi tantangan dalam memanggil pemain yang bermain di klub luar negeri, terutama jika turnamen tersebut tidak termasuk dalam agenda FIFA.

- Advertisement -

Hal itu sekaligus menjelaskan kondisi Elkan Banggott yang belakangan ini menjadi bulan-bulanan netizen karena dinilai tak nasionalis.

Namun demikian, Erick Thohir menyikapi hal tersebut dengan bijak dan memberi pembelaan untuk Elkan Baggott.

“Saya tidak bisa menghakimi jika Elkan Baggott dianggap tidak nasionalis. Saya selalu menekankan pentingnya kalender. Kita tidak bisa mengatur semuanya secara mendadak,” jelas Erick.

Erick Thohir juga menambahkan Piala Asia U-23 2024 bukanlah bagian dari kalender FIFA, sehingga sulit untuk memanggil pemain yang bermain di luar negeri. 

“Pemain yang berada di luar negeri, saya tidak memiliki otoritas untuk mengatur jadwal liga mereka,” tutur Erick.

Mengenai tuduhan dari netizen, Erick Thohir tetap yakin rasa nasionalisme masih ada di hati para pemain Timnas Indonesia, termasuk Elkan.

“Elkan memang tidak dilepas oleh klubnya. Namun, apakah saat play-off ia memutuskan melakukan kegiatan lain, itu saya tidak bisa komentari. Tapi saya yakin nasionalisme di anak-anak ini masih ada,” ungkap Erick.

Elkan Baggott Tidak Dipanggil untuk FIFA Matchday Karena Sempat Abaikan Panggilan Timnas?

Untuk panggilan timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2024, Elkan Baggott tidak termasuk dalam daftar 22 pemain yang mendapat panggilan. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kemungkinan merasa kecewa dengan sikap Elkan Baggott yang tidak merespons panggilan sebelumnya.

“Media Indonesia mungkin bisa mengikuti jadwal atau tindakan Elkan, mungkin bisa mencari tahu sendiri,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers sebelum pertandingan melawan Guinea.

Baca juga: Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ada Uji Coba Timnas Indonesia vs Tanzania

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menjelaskan keputusan untuk tidak memanggil Elkan Baggott sesuai dengan kebutuhan pelatih Shin Tae-yong.

“Tidak adanya pemanggilan beberapa nama yang biasanya menjadi langganan Timnas, itu karena kebutuhan tim,” ujar Sumardji.

Sumardji juga menambahkan daftar 22 pemain masih bisa berubah sesuai perkembangan sebelum kick-off.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua zona Asia pada 6 dan 11 Juni 2024. 

Sebelum dua pertandingan tersebut, Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni 2024. (GaluhID/Dianti)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Pj Bupati Ciamis Sebut 5 Fokus Utama dalam RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis, galuh.id - Pj Bupati Ciamis Jawa Barat, Engkus Sutisna, berpartisipasi dalam rapat DPRD dengan tujuan untuk mengungkapkan...

Artikel Terkait