oleh

HUT Gong Perdamaian Dunia di Karangkamulyan Ciamis

 
 

Perayaan Hari Ulang Tahun ke-10 Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong) di Situs Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Senin (9/9/2019). Gong di Karangkamulyaan ini dulunya didirikan setelah terjadinya Gempa berkekuatan 7,2 SR (Skala Richter).

“Saya berharap setelah 10 tahun berdiri, keberadaan Gong ini bisa menjadi destinasi wisata internasional. Apalagi Gong ini yang ada di Karangkamulyan ini merupakan gong terbesar dari pada gong lainnya di dunia,” ujar Penggagas World Peace Gong, Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan MPKN dalam acara peringatan HUT 10 tahun Gong Perdamaian Dunia di Karangkamulyan.

Menurut Anton, gong ini dibuat dari leburan 400 bilah keris dengan diameter 3,3 meter, lebih panjang dari diameter gong lainnya yang hanya 2,2 meter. Di badan gong tersebut terdapat lambang-lambang agama di dunia dan bendera-bendera dari 200 negara anggota PBB.

“Saya bersama Pak H. Yoyo Tjuhaya menggagas gong ini. Hanya berdua, sehingga bisa terwujud seperti sekarang ini. Sudah sepuluh tahun gong ini berdiri, menggaungkan semangat perdamaian ke seantero dunia. Dari 40 gong perdamaian di dunia yang ada, ini yang terbesar,” jelas Anton.

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA