Senin, 2 Agustus 2021
Senin, 2 Agustus 2021
BJB

Gagal Masuk Kartu Prakerja Berkali-kali? Coba Trik Ini Biar Lolos!

Gagal masuk kartu Prakerja Gelombang 5? Jangan menyerah, coba lagi mendaftar Prakerja Gelombang 6 yang sudah dibuka sejak Kamis, 27 Agustus 2020. Untuk Anda yang belum pernah mendaftar dan tertarik mengikuti program Kartu Prakerja, silakan kunjungi prakera.go.id.

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan mengurangi angka pengangguran. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari Prakerja adalah kesempatan mengikuti pelatihan keahlian dengan sertifikat, kemudian peserta diberi insentif untuk persiapan bekerja.

Gagal Masuk Kartu Prakerja, Coba Lagi Daftar

Untuk Anda yang belum pernah mendaftar juga bisa mengikuti Prakerja Gelombang 6, karena program ini dibuka untuk umum. Pastikan Anda telah memenuhi syarat-syarat pendaftaran, agar ketika mendaftar semuanya sudah siap. Proses pendaftaran menjadi lebih singkat jika persyaratan sudah tersedia.

Saat mendaftar Prakerja, calon peserta harus menggunakan identitas sama persis dengan data yang ada di KTP. Apabila Anda sekarang tidak bekerja namun KTP masih mencantumkan pekerjaan sebelumnya, maka segera perbarui KTP agar tidak gagal masuk kartu Prakerja.

Syarat berikutnya, pendaftar harus memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK). Pastikan KK yang Anda pakai saat mendaftar memiliki data terverifikasi. Misalnya jika Anda sudah menikah, segera buat KK baru yang beranggotakan nama Anda dan pasangan beserta anak (jika ada).

Kemudian peserta harus mendaftarkan nomor hp yang aktif. Pada saat mendaftar, akan dilakukan proses verifikasi lewat SMS yang berisi kodo. Nantinya kode tersebut harus dimasukkan ke halaman website Prakerja saat mendaftar.

Tahap terakhir yang harus dilakukan adalah menjawab soal. Banyak pendaftar yang gagal masuk kartu Prakerja saat melewati tahap ini. Pertanyaan yang diajukan di awal bersifat standar, namun terkadang jawaban yang tidak tepat membuat pendaftar tidak bisa lolos.

Tips Agar Diterima Program Prakerja

Untuk pendaftar yang gagal masuk kartu Prakerja, berikut ini ada beberapa tips dari peserta yang lolos. Harapannya jika program Prakerja ini tepat sasaran, maka angka pengangguran bisa berkurang, sesuai target awal program diluncurkan.

Niatkan untuk Mencari Kerja, Bukan Mengejar Insentif

Beberapa orang yang terkena PHK atau dirumahkan umumnya telah memiliki keahlian, namun mereka tidak bisa melamar ke perusahaan lain karena pandemi Covid-19. Meski Prakerja memberikan insentif Rp 600 ribu bagi peserta yang lolos, tetapi program ini bukan solusi untuk mengganti sumber pemasukkan yang hilang.

Jadikan Program Prakerja sebagai sarana untuk mengasah keahlian yang sudah dimiliki. Dengan keahlian yang semakin meningkat, Anda akan lebih mudah menemukan peluang dalam mencari nafkah, baik dengan membuka usaha kecil atau menjadi freelancer.

Itulah sebabnya mengapa jenis-jenis pelatihan keahlian dari Program Prakerja lebih fokus pada mengembangkan potensi bekerja secara mandiri ketimbang berkelompok. Karena dengan keahlian tersebut, peserta Prakerja bisa menghasilkan uang setelah latihan selesai.

Jawab Tes di Ruangan yang Tenang dengan Koneksi Stabil

Untuk calon peserta yang mendaftar pertama kali, Anda akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan standar yang meliputi Profesi, Kepribadian, Pengetahuan Umum, dan Matematika. Banyak yang gagal masuk kartu Prakerja di tahap ini.

Agar bisa lolos, pastikan pendaftar menjawab soal di tempat yang tenang agar konsentrasi tidak terganggu. Pendaftar juga harus memiliki koneksi yang stabil karena situs Prakerja memakan data load cukup besar. Jika perlu, sediakan pena dan kertas untuk membuat penjabaran rumus.

Prakerja Gelombang 6 Telah Dibuka

Jika pendaftar merupakan orang yang tidak lolos di Gelombang sebelumnya, pendaftar bisa langsung login ke situs Prakerja lalu klik Gabung. Pastikan Anda bergabung saat pendaftaran baru dibuka, untuk mengantisipasi gagal masuk kartu Prakerja karena kuota penuh.

Prakerja Gelombang 6 hanya menerima 800.000 peserta, sama seperti Gelombang sebelumnya. Pendaftaran akan ditutup pada 30 Agustus 2020.

Metode pencairan insentif bisa menggunakan rekening BNI, OVO, LinkAja dan Gopay. Upgrade aplikasi dompet digital Anda ke premium untuk memudahkan pencairan insentif di bulan berikutnya.

Jika Anda sudah berkali-kali gagal masuk kartu Prakerja dan masih juga belum lolos, manfaatkan video tutorial di Youtube yang bisa Anda tonton secara gratis. Banyak konten-konten dari creator yang bisa kita pelajari untuk mengasah keahlian dan menghasilkan uang dari rumah. (GaluhID/Elsa)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan