Rabu, 30 September 2020
Rabu, 30 September 2020
 
 

Gejala Penyakit Stroke yang Perlu diwaspadai Tua Muda

Kesehatan, galuh.id – Umur tua tidak jaminan pasti berpenyakitan, namun umur muda bisa saja lebih rentan terhadap penyakit, salah satunya adalah stroke. Karena itu Anda perlu mewaspadai gejala penyakit stroke yang sering tidak disadari

Stroke (cerebrovascular accident/CVA) adalah sebuah penyakit disebabkan aliran darah yang menuju otak tidak lancar dan tersumbat. Akhirnya fungsi otak terhenti sebagian atau keseluruhan.

Kemunculan sakit stroke ini secara tiba-tiba, misalnya hanya karena terjatuh bagian tubuh bisa mati rasa atau mengalami perubahan gerak, seperti tangan yang menekuk dan tak bisa diluruskan, bibir yang mencong, mata yang tertutup satu atau kaki lumpuh.

Gejala Penyakit Stroke Umum

Ketidakstabilan saat bicara. Jangan heran jika ada orang yang ngelantur saat bicara seperti orang tak waras sebenarnya ada indikasi gejala stroke ringan. Jika demikian segera minta periksakan dini agar masih bisa diantisipasi.

Berfikir tak sesuai. Dalam hal ini, penderita akan mudah berubah keputusan, awalnya memilih jalan A kemudian tiba-tiba memiliki jalan B dan hal itu terjadi secara berkelanjutan.

Area gerak seperti tangan, kaki dan mata tidak kontrol maksimal. Ada gerakan tak sadar seperti tangan seperti sedang main gitar atau kaki yang berputar.

Sakit kepala mencekat pada area belakang hingga tengkuk. Selain itu, bisa juga tiba-tiba pingsan dengan frekuensi yang sering dan tensi darah yang tinggi.

Faktor Pemicu Stroke

Sejumlah kebiasaan tak sehat berikut ini bisa menjadi pemicu stroke:

Merokok

Zat karsinogenik dan nikotin membuat organ tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Pada umumnya, seorang pria akan beresiko lebih besar terkena stroke karena efek kopi dan rokok.

Walaupun terkadang tanpa adanya 2 hal tersebut ide tak akan muncul dalam bekerja. Namun mirisnya, zat kimia aktif seperti tar, nikotin merangsang tubuh untuk bekerja lebih ekstra dan hal ini membuat sedikit demi sedikit melumpuhkan antibodi organ dalam.

Hipertensi

Tekanan darah di atas angka normal akan memompa darah semakin cepat dan dipaksa mengalir dengan cepat pula. Hal ini berakibat dinding pembuluh arteri lecet, meradang, dan membengkak.

Diabetes

Glukosa tinggi juga membuat luka pada pembuluh arteri dan menghambat produksi zat protrombin darah sebagai zat beku darah.

Kolesterol

Lemak darah yang jahat (LDL) sulit untuk bisa luntur dari dinding pembuluh dan menumpuk, hingga kemudian terjadilah reaksi pembengkakan, aliran darah tidak lancar, dan suplai oksigen berkurang. Akibatnya, Anda pingsan dan begitu sadar kondisi tubuh sudah mati rasa.

Pemakaian Narkoba

Zat Psikotropika bisa menyerang sistem syaraf, jantung dan ginjal sehingga kebanyakan kasus pengguna drugs mengalami “tabrakan” antara darah dan dosis obat. Akibatnya terjadi cedera bagian otak tengah.

Ada beberapa gejala penyakit stroke yang bisa sembuh total tergantung dari metode pengobatan dan jenis stroke itu sendiri.

Jenis stroke ada 2 yaitu, stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik merupakan jenis stroke karena terhambatnya aliran darah dan oksigen menuju otak yang melewati pembuluh darah arteri. Stroke jenis ini masih ada kemungkinan untuk disembuhkan.

Stroke hemoragik, merupakan jenis stroke karena pecahnya pembuluh darah di area otak. Pemicunya adalah kondisi darah tinggi yang tak menentu, pembuluh darah yang lemah, dan onsumsi obat antikoagulan.

Itulah penjelasan mengenai gejala penyakit stroke yang mesti Anda waspadai. (GaluhID)

Loading...

Artikel Terkait

Rahasia Cantik Chelsea Islan, Perawatannya Pakai Bahan Ini!

Rahasia Cantik Chelsea Islan tentunya menjadi pertanyaan banyak kaum hawa. Mungkin beberapa persepsi lain memiliki pandangan bahwa dia memang sudah cantik dari...

Manfaat Toner Air Mawar, Wajah Cantik dan Terawat

Manfaat toner air mawar bagi wajah cukup banyak dan harganya terjangkau. Produk kecantikan yang terbuat dari sari-sari kelopak bunga mawar asli ini...

Menjaga Mata Tetap Sehat, Konsumsi Makanan Ini

Menjaga mata tetap sehat perlu dilakukan agar penglihatan terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat. Jika mata menjadi rabun, maka Anda perlu...

Temukan Kami

48,723FansSuka
189PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai November 2020

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI telah mengumumkan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga bulan November 2020. Hal ini dikarenakan...

Update Level Kewaspadaan Covid-19, 5 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah

Berita Jabar, galuh.id – Sebanyak 5 daerah di Jabar masuk zona merah. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan...

Tanaman Janda Bolong Termahal, Bagaimana Cara Merawatnya?

Tanaman Janda Bolong termahal ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pada media sosial, sejumlah netizen tak henti membagikan foto Janda Bolong melalui...

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...