oleh

Gubernur Jabar Sematkan Lencana Teladan pada Anggota Pramuka Asal Ciamis

 
 

Bogor, galuh.id – Peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Provinsi Jawa Barat diselenggarakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/8/2019). Kegiatan ini diikuti sebanyak 44.000 anggota Pramuka se-Jawa Barat.

Perasaan senang dan bahagia dirasakan oleh Pramuka Penggalang asal Kwartir Cabang Ciamis, Diani Raras Puspita yang terpilih sebagai penerima penyematan tanda penghargaan Gerakan Pramuka.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyematkan langsung Lencana Teladan kepada Diana.

“Alhamdulillah sangat bangga sekali. Tidak menyangka bisa disematkan langsung oleh Mabida Jawa Barat,” ujar Diani.

Pramuka asal Kawali ini, sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan serta pandai memainkan alat musik Kecapi dan story telling.

“Diawali dari aktif latihan Pramuka di sekolah, lalu mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan seperti Jambore Daerah Jabar, Dian Pinru dan berbagai macam lomba-lomba kepramukaan,” katanya.

Lencana Teladan sendiri yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega) yang telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggung jawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan serta akhlak yang iuhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.

Selain itu, untuk menjadi pramuka teladan, seorang anggota Pramuka harus menjadi Pramuka Garuda terlebih dahulu, dan Diani telah membuktikan kualitasnya, karena sejak tahun 2018 telah menjadi Pramuka Garuda.

“Alhamdulillah saya telah menjadi Pramuka Garuda tahun 2018, dan saya ditunjuk oleh Kwarcab Ciamis untuk mengikuti Pramuka teladan dengan melengkapi persyaratan-persyaratan seperti biodata diri,” tuturnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Jabar ini mengatakan, bahwa Gerakan Pramuka ikut menjadi penopang menuju bangsa adidaya di tahun emas Indonesia pada 2045.

“Kepemimpinan terbaik adalah dengan keteladanan. Saya mendorong terus program-program agar Pramuka Jabar jadi teladan untuk nilai-nilai kebangsaan,” tuturnya.

Selain pemberian dan penyematan tanda Penghargaan dan Scout Award yang diberikan oleh Ketua Mabida Jawa Barat, kegiatan ini juga menampilkan Pemecahan Rekor Muri Kolone Tongkat Terbanyak, Terjun Payung, Parade Budaya dan ditutup oleh penampilan dari Judika. (galuh.id/Nandi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA