Rabu, Februari 28, 2024

Hari Guru Nasional, Kenapa Diperingati Setiap 25 November?

Baca Juga
- Advertisement -

Hari Guru Nasional merupakan hari khusus yang diperingati setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan dedikasi tinggi kepada para guru-guru Indonesia.

Peranan guru sangatlah penting untuk bangsa Indonesia, karena mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang mengajarkan ilmu dari zaman dahulu hingga kini. Sehingga tetap mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompeten.

Maka dari itu, sebagai penghormatan kepada guru-guru tanah air, pemerintah mencetuskan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Sehingga para generasi penerus bangsa bisa terus menghormati dan mencontoh teladan dari para guru.

Baca Juga: Cara Mencairkan BLT Guru Honorer, Lakukan Ini Agar Dana Segera Masuk Rekening

Namun, kenapa masyarakat Indonesia harus memperingati setiap tanggal 25 November? Berikut sejarah singkatnya.

Awalnya, terbentuk organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri pada tahun 1912. Organisasi ini masih bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah.

Dengan latar pendidikan, pangkat, dan status sosial yang berbeda-beda, tidak mudah bagi organisasi PGHB untuk memperjuangkan nasib para anggotanya. Meski begitu, mereka tetap mengajarkan pendidikan melalui Sekolah desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Stefano Lilipaly Gacor Gol dan Assist di Liga 1, STY Kepincut?

Galuh.id- Performa Stefano Lilipaly dalam mencetak gol dan memberikan assist oleh semakin gacor dalam tiga pertandingan terakhir Borneo FC...

Artikel Terkait