Rabu, 8 Desember 2021
Rabu, 8 Desember 2021
More

    Hari Guru Nasional, Kenapa Diperingati Setiap 25 November?

    Selain organisasi PGHB, ada juga organisasi guru lainnya seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Persatuan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normal School (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB).

    Sejarah Singkat Hari Guru Nasional

    Singkat berjalannya waktu, pada tahun 1932 muncul kesepakatan yang mengubah seluruh organisasi guru yang ada untuk mengubah nama organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), menjadi organisasi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

    Tentu dengan tercantumnya nama Indonesia pada waktu itu membuat orang belanda tidak nyaman. Bahkan pada zaman pendudukan Jepang, segala organisasi dan sekolah ditutup, hal ini membuat organisasi Persatuan Guru Indonesia (PGI) sempat tidak bisa melakukan aktivitas.

    Meski begitu, dengan hadirnya kata ‘Indonesia’ justru memberi semangat perjuangan untuk para guru Indonesia. Hal ini terbukti dengan terlaksananya kongres pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

    Melalui kongres tersebut, seluruh guru Indonesia sepakat untuk menghapus segala organisasi atau kelompok guru yang pernah ada. Kemudian mereka mendirikan organisasi baru yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

    Seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, akhirnya Organisasi Persatuan Guru Indonesia resmi berdiri pada 25 November 1945.

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    305PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan