Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Hasil Rapid Tes Covid-19 di Ciamis ada 8 Orang Positif Corona

Berita Ciamis, galuh.id – Menurut hasil rapid diagnostic test (RDT) di Ciamis, ada 8 orang yang menunjukkan positif Covid-19. Namun hingga Jumat (10/4/2020), hanya ada 2 orang yang sudah secara resmi diumumkan positif Covid-19 di Ciamis.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan menjelaskan, 8 orang yang dinyatakan positif dari hasil rapid tes Covid-19 di Ciamis, belum dapat dimasukkan ke data PIK Covid-19.

Hal ini dikarenakan, 3 dari 8 orang tersebut dinyatakan negatif PCR (swab test), dan 5 orang lainnya masih menunggu hasil PCR.

“Dari 8 sample positif RDT yang dikirim untuk tes PCR, hasilnya 3 sample negatif, sementara hasil 5 sampel lainnya belum keluar,” ujar dr Bayu, dalam rilisnya, Jumat (10/4/2020).

Sementara untuk 2 orang yang sudah diumumkan dan masuk data PIK Covid-19 Ciamis, dari hasil PCR-nya dipastikan positif terjangkit virus Corona.

Bayu menerangkan, sesuai dengan protapnya, kasus positif Covid-19 yang boleh diumumkan adalah yang sudah terkonfirmasi (positif) dari hasil PCR atau yang kita kenal dengan swab test.

Sedangkan untuk Rapid Diagnostic Test (RDT), meski hasilnya confirm positif, namun tetap harus dikaji ulang dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Jika hasil RDT positif, belum tentu virusnya positif, begitu pun sebaliknya,” kata dr Bayu.

RDT atau Rapid Diagnostic Test, kata dr Bayu, memiliki tingkat akurasi sebesar 85 persen. Sehingga ada kemungkinan hasil diagnosisnya berbeda dengan hasil PCR.

Adanya kemungkinan miss diagnosis dari sensitifitas RDT tersebut. Diakuinya menjadi sebab alasan belum diumumkannya 8 orang yang terindikasi positif Covid-19 dari hasil rapid test.

Perbedaan RDT dan PCR

Selain itu, dr Bayu juga menerangkan perbedaan tes virus Corona (Covid-19) antara metode RDT dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“RDT untuk pemeriksaan antibodi dan antigen, sementara PCR untuk mengetes keberadaan virus di dalam tubuh,” papar dr Bayu.

Bayu menegaskan, seseorang dapat disimpulkan terindikasi positif virus Corona atau Covid-19. Hal itu jika sudah ada hasil dari RDT dan PCR sekaligus, yang menunjukkan hasil positif dari kedua tes tersebut.

Sebelumnya, dr Bayu mengatakan pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan metode rapid test atau RDT di Ciamis sudah menyasar 200 orang.

RDT ini digunakan untuk mengetes orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Selain itu, RDT juga digunakan untuk mengetes para tenaga medis di RSUD Ciamis.

“Rapid tes Covid-19 di Ciamis kita gunakan pada mereka yang melakukan kontak erat dengan yang positif Covid-19. Hal itu termasuk tenaga medis di RSUD. Untuk kepastian hasilnya, kita masih menunggu dari PCR-nya,” jelasnya. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...