Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Hujan Disertai Angin Puting Beliung Melanda Ciamis Selatan

Hujan deras disertai angin kencang mengguyur kawasan Banjarsari dan Purwadadi Kabupaten Ciamis, Kamis (8/3) pukul 14.30 WIB. Kejadian tersebut menyebabkan kerusakan rumah dan tempat lainnya.

Bencana terjadi di dua tempat yang berbeda, salah satu tempat yang terkena dampak yaitu Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari. Diantaranya, bangunan tempat parkir SMA N 1 Banjarsari roboh, beberapa pohon tumbang, dan kebakaran rumah.

Nina Nurfadilah, seorang siswa merasa ketakutan saat hujan disertai angin kencang membuat ambruk bangunan parkir sekolah SMAN 1 Banjarsari. “Saya merasa takut, saat itu gemuruh hujan beserta angin kencang merobohkan bangunan, hujan seperti gelombang ombak angin berputar tidak menentu, kami hanya bisa berteriak histeris menyaksikan robohnya bangunan parkir tersebut.”

Sementara itu, berdasarkan informasi Kepala Desa Ciherang, Dedi Sugiarto menjelaskan, angin dan hujan juga menyebabkan kebakaran di Desa Ciherang, tepatnya kebakaran terjadi di rumah Ipan Rojikin warga RT 05 RW 03 Dusun Wanasari Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Dugaan sementara kebakaran tersebut terjadi akibat konsleting listrik saat hujan lebat dan angin kencang yang mengguyur Ciherang. Beruntung kebakaran masih bisa ditangani, sehingga kobaran api tidak meluluhlantahkan rumah milik korban. Tidak ada korban jiwa, tapi beberapa alat elektronik seperti TV, spiker aktif, lemari es, lemari pakaian dan tempat tidur mengalami kerusakan.

Sementara hujan yang disertai dengan angin kencang juga terjadi secara bersamaan di Kecamatan Purwadadi. Berdasarkan keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, angin puting beliung yang melanda Dusun Karangpaningal Desa Karangpaningal Kecamatan Purwadadi menyebabkan 25 rumah rusak. Kategori kerusakan bervariasi, diketahui empat bangunan rumah yang tidak permanen ambruk. Korban yang rumahnya rusak sementara mengungsi di tempat tetangga dan sanak saudaranya. Sampai diturunkannya berita ini tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian materi diperkiraan mencapai ratusan juta.

Saat ini warga sangat membutuhkan bantuan logistik berupa terpal dan makanan.

(Yanyan Iskandar) GALUH ID

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Warga Resah, 4 Domba Mati Mengenaskan di Cibadak Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dibuat resah dengan ditemukannya empat ekor domba mati yang disimpan di...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.