Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Ini Bocoran Cara Kerja PNS Dalam Skenario New Normal

Berita Nasional, galuh.id – Pemerintah Indonesia saat ini tengah mengkaji terkait kebijakan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal tersebut agar PNS atau ASN dapat kembali bekerja dengan skenario new normal di tengah pandemi Covid-19.

Skenario ini merupakan pedoman yang disiapkan pemerintah agar ASN atau PNS dapat bekerja optimal selama vaksin virus Corona belum ditemukan.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, terdapat 3 komponen yang diatur dalam skenario new normal.

“Ada 3 komponen dalam skenario new normal ini. Antara lain penerapan sistem kebijakan kerja, penerapan protokol kesehatan, dan penerapan percepatan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Wahyu, Minggu (24/5/2020).

3 Komponen Pedoman Kerja ASN Saat Pandemi Covid-19

Wahyu juga menerangkan 3 komponen dalam pedoman persiapan agar ASN dapat bekerja kembali di tengah pandemi. Sebagaimana dilansir dari CNBC.

Komponen pertama, penerapan sistem kerja. Skenario ini akan menerapkan sistem kerja yang lebih fleksibel (flexible working arrangement/FWA). Dimana dalam sistem FWA ini, ASN bisa bekerja dari kantor, rumah, atau tempat lain.

Kendati begitu, Wahyu menyebut pihaknya masih mengkaji siapa saja dan berapa batasan usia pegawai yang diperbolehkan untuk beraktivitas kembali.

Komponen kedua, penerapan protocol kesehatan. Skenario ini juga mewajibkan penerapan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak aman, wajib menggunakan masker dan cuci tangan untuk mencegah penularan virus selama bekerja.

”Skema ini, pastinya akan diiringi dengan penyesuaian sarana dan ruang kerja,” ujar Wahyu.

Komponen ketiga, yakni penerapan percepatan dan perluasan teknologi informasi dan komunikasi. Skenario new normal ini menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Seperti melalui e-office, digital signature, dan video conference.

Wahyu berkata, waktu penerapan skenario kerja new normal ini akan bergantung pada arahan dari gugus tugas Covid-19. Persisnya, menunggu perkembangan keadaan dan keputusan dari gugus tugas.

Dikabarkan sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi PNS sampai 29 Mei 2020.

Setelah kebijakan WFH berakhir, pemerintah akan melakukan evaluasi kembali terkait sistem kerja dari rumah untuk PNS ini. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Ciri-Ciri Terkena Virus Corona, Penting Diwaspadai!

Ciri-ciri terkena virus Corona mesti diwaspadai setiap orang. Saat ini Covid-19 menjadi penyakit paling ditakuti karena siapa saja yang terinfeksi oleh virus...

Solusi Ekonomi Kreatif, Pemprov Jabar Bangun Desa Digital 2021

Berita Jabar, galuh.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk membangun desa-desa digital sebagai upaya pemulihan sektor ekonomi yang anjlok akibat pandemi...

Dihiasi Duel Klasik Persib vs Persija, Ini Jadwal Liga 1 Pekan ke-25

Info Liga 1, galuh.id - Perhelatan kompetisi Liga 1 2019 sudah memasuki pekan ke-25. Pekan tersebut akan dihiasi dengan satu pertandingan...

Sah! Herdiat-Yana jadi Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Periode 2019-2024

Ciamis-Rapat Pleno terbuka KPU Kabupaten Ciamis yang bertempat di Aula KPU Kabupaten Ciamis pada Rabu siang (25/07/2018) telah menetapkan pasangan Herdiat-Yana sebagai Bupati dan...

Nyaris Tak Terdengar, Persewar Waropen Mulai Bersiap Untuk Liga 2 2020

Info Liga 2, galuh.id - Tim Persewar Waropen yang berjuluk Mutiara Bakau akan mulai melakukan pembenahan jelang hadapi kompetisi liga 2 2020....